Dhamayati, Devi Ana Fiska (2021) Strategi Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Kelas VIII Di MTs Negeri 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1.COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (664kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (778kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (637kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (589kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (720kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui strategi pembelajaran tahfidzul Qur’an kelas VIII di MTs Negeri 2 Kudus (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat tahfidzul Qur’an kelas VIII di MTs Negeri 2 Kudus. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang mengambil data secara mendalam tentang keadaan yang terjadi di tempat penelitian. Pendekatan yang digunakan peneliti pada penelitian ini ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer yaitu kepala MTs Negeri 2 Kudus, 2 guru tahfidzul Qur’an kelas VIII dan siswa dan siswi kelas VIII MTs Negeri 2 Kudus. Sedangkan, sumber data sekunder yaitu buku-buku, kepustakaan, internet, Tv dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti menggambarkan bahwa strategi pembelajaran tahfidzul Qur’an kelas VIII mengunakan strategi pembelajaran langsung (karena dalam pembelajaran guru mengendalikan isi dari materi yang diajarkan dan mengajarkan konsep keterampilan) dan strategi pembelajaran mandiri (dalam pembelajaran guru disini hanya sebagai fasilitator). Tetapi pembelajaran tahfidzul Qur’an kelas VIII di MTs Negeri 2 Kudus, dalam satu kelas dibagi menjadi dua guru tahfidz. Pembelajaran tahfidzul Qur’an di MTs Negeri 2 Kudus dilaksanakan pada hari senin sampai kamis, selama 2 jam 45 menit. Sedangkan,Faktor pendukung tahfidzul Qur’an kelas VIII di MTs Negeri 2 Kudus ini ada empat berupa motivasi (yang berasal dari guru, dan teman), kecerdasan, usia ideal, dan lingkungan. Sedangkan, faktor penghambat tahfidzul Qur’an kelas VIII di MTs Negeri 2 Kudus ini ada empat, berupa rasa malas, kelelahan, kesehatan yang menurun dan manajermen waktu yang tidak tersetruktur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Tahfidzul Qur’an |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 15 Nov 2021 02:43 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 02:43 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5832 |
Actions (login required)
View Item |