Sarry, Afit Maulina (2021) Penerapan Strategi Humor dalam Meningakatkan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V di MI Masalikul Ulum Jontro. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (286kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (534kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (708kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (302kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (712kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (332kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui minat belajar IPA siswa kelas V. 2) Mengetahui penerapan strategi humor dalam meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas V MI Masalikul Ulum Jontro. Penelitian ini menggunakan field research atau disebut dengan penelitian lapangan. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan prosedur penelitian data deskriptif berupa kata-kata tertulis, deskripsi singkat baik secara lisan maupun tertulis dari subjek serta perilaku yang diamati oleh peneliti. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V MI Masalikul Ulum Jontro serta guru mata pelajaran IPA MI Masalikul Ulum Jontro. Data-data yang diperoleh dari hasil penelitian tentang guru dalam menumbuhkan minat belajar IPA ini didapatkan dengan teknik observasi, wawancara semi terstruktur serta didukung dengan dokumentasi. Pada penelitian ini semua data yang telah dan dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data atau data display serta conslusion drawing/verification. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Minat belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA dapat dilihat dari sikap serta tindakan yang dilakukan siswa selama proses pembelajaran. Adanya minat belajar dapat diketahui dari ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran serta keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. 2) Dalam meningkatkan minat belajar guru menggunakan strategi pembelajaran menyenangkan dengan humor. Meningkatkan minat belajar IPA dengan strategi pembelajaran menyenangkan dengan humor dilakukan dengan menciptakan suasana ceria, menciptakan humor ringan, menggunakan metode bervariasi, mendorong siswa terlibat aktif, dan mengakhiri pembelajaran dengan kalimat motivasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan Minat Belajar, Mata Pelajaran IPA, Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 15 Nov 2021 02:46 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 02:46 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5834 |
Actions (login required)
View Item |