Pengaruh Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Jamur

Sholehah, Ikmalus (2021) Pengaruh Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Jamur. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (532kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (744kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (795kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (640kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (249kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui kreativitas siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam pembelajaran jamur. 2) Mengetahui hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam pembelajaran jamur. 3) Mengetahui pengaruh model Project Based Learning dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran jamur. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen tepatnya quasi eksperimental (eksperimen semu). Data penelitian diperoleh dari salah satu guru mata pelajaran Biologi di lokasi penelitian (SMA Negeri 1 Kudus) dan juga 25 siswa pada kelas eksperimen serta 25 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada guru mata pelajaran Biologi di lokasi penelitian (pra penelitian), pemberian tes berupa soal pretest dan posttest (untuk memperoleh data hasil belajar siswa), serta penilaian produk berdasarkan rubrik penilaian produk (untuk memperoleh data kreativitas siswa). Metode analisis data untuk menguji perbedaan rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan uji statistik dengan bantuan program SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian dan analisis data penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa: 1) Kreativitas siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kkreativitas siswa kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari nilai mean pada kelas eksperimen sebesar 30,76 sedangkan mean pada kelas kontrol sebesar 20,24. 2) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hal ini dapat terlihat dari peningkatan nilai rata-rata pre-test ke post-test pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata skor kelas eksperimen 46,96 meningkat menjadi 68,24, dan rata-rata skor kelas kontrol 42,28 meningkat menjadi 50,96. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari model Project Based Learning dalam meningkatkan kreativitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran jamur. Berdasarkan uji statistik (mann-whitney) pada data kreativitas siswa kedua kelompok sampel diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya Ha diterima, maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan kreativitas siswa. Berdasarkan uji N-gain score pada data hasil belajar siswa terlihat nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen sebesar 0,39 yang artinya termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan nilai rata-rata N-gain score pada kelas kontrol termasuk dalam kategori rendah yaitu 0,13 < 0,3. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Project Based Learning juga berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran jamur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, Kreativitas Siswa, dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Nov 2021 02:56
Last Modified: 15 Nov 2021 02:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5835

Actions (login required)

View Item View Item