Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Kitab Syi’ir Ngudi susilo Karya KH Bisri Musthofa pada Anak Madrasah Diniyyah Pondok Pesantren Darul Ulum Kudus

Hana, Yusrul (2021) Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Kitab Syi’ir Ngudi susilo Karya KH Bisri Musthofa pada Anak Madrasah Diniyyah Pondok Pesantren Darul Ulum Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (983kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (327kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (617kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (654kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (376kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (612kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (372kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)

Abstract

Seorang anak merupakan generasi penerus bangsa yang pastinya akan menggantikan generasi yang sebelumnya. Adapun pada era globalisasi ini sedikit demi sedikit telah mempengaruhi moral dan juga etika dalam pergaulan kehidupan bermasyarakat. Sebagaimana lunturnya akhlak suatu bangsa dapat kita lihat dari berbagai fenomena-fenomena yang sedang terjadi di masyarakat, seperti halnya masih adanya pencurian, pertengkaran/demo, korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) di dalam negara ini. Perkembangan pendidikan dewasa ini dapat kita bilang amat pesat. Akan tetapi, penilaian dari sudut pandang ranah afektif agak dikesampingkan. Karena kebanyakan penilaian pendidikan lebih ditekankan dari sudut pandang ranah kognitif. Seharusnya semua ranah pendidikan dapat di seimbangkan baik dari ranah afektif, ranah kognitif, dan juga ranah psikomotor. Salah satu penunjang yang kita dapat tempuh yaitu kita dapat melalui penanaman akhlak yang terdapat di dalam syi’ir ngudi susilo karya KH Bisri Musthofa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) dapat mengetahui nilai-nilai akhlak yang baik/akhlak mahmudah yang terkandung di dalam kitab syi’ir ngudi susilo karya KH Bisri Musthofa. 2) Untuk mengetahui relevansi Pendidikan Akhlak pada anak di Madrasah Diniyyah Pondok Pesantren Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus dalam kitab Syi’ir Ngudi susilo karya KH Bisri Musthofa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumen. Pada penelitian ini peneliti meelakukan wawancara kepada santri madrasah diniyyah kelas I ula di pondok pesantren darul ulum ngembalrejo bae kudus. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer meliputi observasi dan wawancara kepada santri madrasah diniyyah kelas I ula di pondok pesantren darul ulum ngembalrejo bae kudus. Hasil penelitian ini yang berjudul Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Kitab Syi’ir Ngudi Susilo Karya KH Bisri Musthofa Pada Anak di Madrasah Diniyyah Pondok Pesantren Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus. Yang peneliti temui adalah nilai-nilai akhlak yang baik/mahmudah yang terkandung di dalam Kitab Syi’ir Ngudi Susilo yang berupa dlibtun nafsi, qana’ah, ash-shidqu, amanah, dan tasamuh. Dalam kitab ini merupakan pembelajaran yang bersifat afektif. Kitab ini juga ditunjukkan untuk anak kecil usia sekolah pada tingkat awal/dasar. Pentingnya pendidikan ini ditanamkan kepada anak pada usia tersebut, karena pada usia tersebut adalah usia keemasan pada pertumbuhan dan perkembangan manusia. Jadi sangat perlu untuk membangun pondasi dasar yaitu akhlak mahmudah yang kokoh pada seorang anak. Untuk menjadikan manusia sebagai sosok pribadi yang bertingkahlaku baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Pendidikan Islam
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Nov 2021 02:45
Last Modified: 15 Nov 2021 02:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5836

Actions (login required)

View Item View Item