Ni’mah, Rokhimatun (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab akhakul Lil Banin Karya Syekh Umar Ahmad Baradja dan Relevansinya dengan Pendidikan Akhlak di MI Saat Ini. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (418kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (446kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (369kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (589kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (290kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) |
Abstract
Degadrasi akhlak menjadi salah satu kendala bagi seorang siswa MI dalam menghandapi tantangan zaman, banyak siswa pada masa sekarang yang sudah mulai hilang nilai-nilai pendidikan akhlak dalam dirinya. Hal tersebut terjadi disebabkan oleh minimnya perhatian orang tua terhadap pendidikan akhlak anak sejak kecil selain itu juga adanya faktor globalisas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Akhlakul Lil banin karya Syekh mar AhmadBardja dan relevansinya dengan pendidikan di Mi saat ini. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kepustakaan (Library Research), metode pengumpulan data yang digunakan npeneliti ialah metode dokumentasi, sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitin ini adalah sumber data primer yaitu berupa kitab Akhalqul Lil Bann dan sumber data sekunder yaitu berupa internet, kitab-kitab, buku-buku pendidikan. Pada penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis data yaitu berupa conten analysis(analisis Isi). Hasil Penelitian ini menunjukkan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab akhlakul lil Banin yaitu anak yang beradab, akhlak kepada Allah SWT, akhlak kepada Nabi muhammad SAW, akhlak di dalam rumah, akhlak kepada orang tua, akhlakmkepada saudara, akhlak kepada kerabat, akhlak kepada pelayannya, akhlak kepada tetangga, akhlak sebelum pergi ke sekolah, akhlak dalam berjalan, akhlak seorang murid disekolah, akhlak menjaga peraalatan pribadinya, akhlak menjaga peralatan sekolahhnya, akhlak kepada gurunya, akhlak kepada temannya, nasehat Syekh Umar Ahmad Baradja, adab pada waktu brejalan, adab pada waktu duduk, adab percakapan, adab menjenguk orang sakit, adab makan sendirian, adab kunjungan takziyah, pada penelitian ini menunjukkan bahwa kitab akhlakul Lil Banin merupakan referensi dan punya relevansi dengan pendidikan akhlak di MI saat ini, isi yang disajikan dalam kitab tersebut cukup sederhana dan mudah dipahami.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai, Pendidikan Akhlak. |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 15 Nov 2021 02:56 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 02:56 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5840 |
Actions (login required)
View Item |