Pembelajaran Mata Pelajaran Ta’lim Muta’allim secara Daring dalam Membentuk Karakter Siswa MTs Mu’allimat NU Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Tsani, Esthi Sa’adatus (2021) Pembelajaran Mata Pelajaran Ta’lim Muta’allim secara Daring dalam Membentuk Karakter Siswa MTs Mu’allimat NU Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (519kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (362kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (527kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (366kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (562kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (284kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui mata pembelajaran ta’lim muta’allim secara daring di MTs Mu’allimat NU Kudus kelas VII Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Untuk mengetahui nilai karakter yang terdapat dalam pembelajaran mata pelajaran ta’lim muta’allim di MTs Mu’allimat NU Kudus kelas VII Tahun Pelajaran 2020/2021. 3) Untuk mengetahui faktor yang menghambat dalam pembelajaran mata pelajaran ta’lim muta’allim secara daring di MTs Mu’allimat NU Kudus kelas VII Tahun Pelajaran 2020/2021. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari informan (kepala madrasah, guru waka kesiswaan, guru mapel Ta’lim Muta’allim, dan siswa kelas VII) terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitian di MTs Mu’allimat NU Kudus. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Pembelajaran mata pelajatan ta’lim muta’allim di MTs Mu’allimat NU Kudus merupakan tata cara untuk menggali ilmu seperti niat dalam belajar, menentukan ilmu, menentukan pendidik, kawan dan juga sanak saudara dalam berthalabul ilmi, meluhurkan ilmu serta seseorang yang berilmu, ketekunan serta keberlanjutan dalam belajar, berserah diri pada Allah, kasih mesra serta nasihat memetik pelajaran, dan juga wara dalam belajar. Pembelajaran ta’lim muta’allim secara daring di MTs Mu’allimat NU Kudus dalam pembelajaran menggunakan media WhatsApp dan youtube. Ketika menggunakan media WA menggunakan VN kemudian siswa mendengarkan, dan ketika menggunakan media youtube maka siswa menyimak dari youtube yang telah dikirimkan link youtube nya di grup kelas masing-masing 2) Pendidikan akhlak dalam proses perwujudan pembelajaran Akidah Akhlak (ta’lim muta’allim) di MTs Mu’allimat NU Kudus dilaksanakan dengan memberikan adaptasi serta contoh kepada siswa. Pendidikan akhlak yang diimplementasikan terhadap pembelajaran kelas VII dengan memahirkan akhlakul karimah, agar peserta didik dapat menanamkan dan membentuk nilai karakter religius dan percaya diri. Selain itu nilai karakter di MTs Mu’allimat NU Kudus harus mempelajari tentang bagaimana cara memuliakan guru, menghorati kedua orang tua, menekuni dalam belajar, usaha sekuat tenaga, bercita-cita tinggi, berperilaku wara’, dan masih terdapat yang lain juga. 3) Hambatan yang sering terjadi dalam pembelajaran ta’lim muta’allim masih ditemukan anak didik yang pasif, terdapat anak didik yang daya serapnya terhadap materi sedikit lambat, masih ada siswa yang melamun dan kurang fokus ketika saya menerangkan, dan masih terdapat siswa yang belum bisa mengamalkannya pelajaran yang telah saya sampaikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Ta’lim Muta’allim, Pembelajaran Daring, Karakter Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Nov 2021 03:09
Last Modified: 15 Nov 2021 03:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5845

Actions (login required)

View Item View Item