Shofiyah, Shofiyah (2021) Kontribusi Manajerial Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI Di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus Tahun 2020/2021. Masters thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (796kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (565kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (539kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (574kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (451kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (503kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pelaksanaan kontribusi manajerial kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kompetensi profesional guru PAI di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus. (2).Bentuk kontribusi manajerial kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kompetensi profesional guru PAI di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus.(3).Faktor pendukung dan penghambat kontribusi manajerial Kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kompetensi profesional guru PAI di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus. Untuk menyampaikan pada tujuan di atas digunakan pendekatan penelitian yaitu penelitian kualitatif dengan jenis field research informan ditentukan melalui purposive sampling. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah kepala SMA Negeri 1 Mejobo Kudus, 4 guru Pendidikan Agama Islam, 4 wakil kepala sekolah dan staf tata usaha. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data mengggunakan analisis model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Penelitian ini berhasil memperoleh temuan antara lain: (1) Bentuk kontribusi manajerial kepala sekolah meliputi pembinaan terhadap guru dilakukan baik secara terjadwal maupun bersifat kondisional, mengadakan IHT dan workshop, penguatan komunitas pendidikan (MGMP), dan mengikutsertakan guru ke berbagai pelatihan (2) Pelaksanaan kontribusi manajerial kepala SMA Negeri 1 Mejobo Kudus, Kepala sekolah “memetakan” kompetensi profesional guru dengan 3 kategori yaitu guru yang kuat secara akademik, guru yang mempunyai kompetensi rata-rata dan guru yang secara kompetensi masih perlu pendampingan. Berbagai upaya telah dilakukan dengan cara memberikan sumbangan kepada guru yang berupa pembinaan-pembinaan, maupun supervisi yang bertujuan untuk membantu dalam pemecahan masalah kesulitan guru, membantu memodifikasi pola-pola pengajaran yang kurang efektif agar menjadi lebih baik. (3) Beberapa faktor yang mendukung keberhasilan pelaksanaan kontribusi manajerial antara lain berasal dari guru, kepemimpinan kepala sekolah, sarana dan prasarana dan lingkungan sekolah. Sedangkan yang menjadi penghambat pelaksanaan kontribusi manajerial meliputi: adanya kompetensi guru yang bersifat fariatif, kurangnya penguasaan teknologi bagi sebagian guru PAI, terlalu banyak beban tugas bagi guru, dan banyaknya guru tidak tetap (GTT) menjadi data membebani anggaran sekolah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bentuk Kontribusi, Faktor Pendukung dan Penghambat Kontribusi, Kontribusi Manajerial Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Mejobo Kudus |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Disiplin Sekolah |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 02:43 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 02:43 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5873 |
Actions (login required)
View Item |