Penerapan Sikap Kepedulian Lingkungan Melalui Environmental Education (Pendidikan Lingkungan Hidup) Pada Materi Sumber Daya Alam Kelas IV di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus

Nugraheni, Shonia Indah Puspita (2021) Penerapan Sikap Kepedulian Lingkungan Melalui Environmental Education (Pendidikan Lingkungan Hidup) Pada Materi Sumber Daya Alam Kelas IV di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (605kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (771kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (492kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (705kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (352kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sikap kepedulian lingkungan, penerapan, serta kendala dalam mengimplementasikan sikap kepedulian lingkungan melalui environmental education (pendidikan lingkungan hidup) pada materi sumber daya alam kelas IV di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari kepala madrasah, 2 guru, dan 6 siswa dari kelas IV A dan B. Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan penjelasan tersebut data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan memakai cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa kelas IV di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus sudah dapat dikatakan mampu dalam melakukan kegiatan piket kelas, gotong royong, membuang sampah pada tempatnya, menggunakan air dan listrik sesuai dengan kebutuhan. Penerapan tersebut dilakukan melalui proses pembelajaran, pembiasaan, memberikan nasehat dan arahan serta mencontohkan. Adapun kendala yang dialami dalam penerapan tersebut berupa siswa yang masih sulit untuk diarahkan, penunjang kegiatan pembelajaran belum maksimal, dan interaksi sosial siswa masih minim. Dalam mengatasi kendala tersebut dilakukan komunikasi dengan wali murid dan memberikan pengertian kepada siswa. Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa guru di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kudus telah menerapkan sikap kepedulian lingkungan hidup ke siswa kelas IV. Hal yang diperoleh dengan adanya penerapan sikap kepedulian lingkungan yaitu siswa sudah memiliki rasa tanggap terhadap keadaan lingkungan disekitarnya dan mengimplementasikan sikap kepedulian lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya penelitian ini ditemukan implikasi dalam pendidikan Islam yaitu menemukan pengetahuan baru yang dapat ikut berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan mengenai pentingnya kepedulian lingkungan yang sebagaimana kita ketahui bahwa kepedulian lingkungan turut mempengaruhi kehidupan manusia kedepannya .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sikap Kepedulian Lingkungan, Environmental Education (Pendidikan Lingkungan Hidup) dan Materi Sumber Daya Alam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Nov 2021 02:04
Last Modified: 17 Nov 2021 02:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5886

Actions (login required)

View Item View Item