Jannah, Iin Khadlirotul (2021) Implementasi Multimedia Interaktif Video Animasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 1 Pada Mata Pelajaran PPKn Tema 5 Di MI Safinatul Huda Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (346kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (341kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (457kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (396kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (712kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (360kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (454kB) |
Abstract
Alasan penelitian ini yaitu peserta didik masih kesusahan dalam memahami materi dan memiliki semangat serta motivasi belajar yang rendah, sehingga menyebabkan hasil belajarnya menurun dan tertinggal jauh pada materi pelajaran. Oleh karena itu multimedia interaktif video animasi ditawarkan untuk mengatasinya. Jenis penelitian yang digunakan ialah field research dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi multimedia interaktif video animasi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas 1 B pada Mata Pelajaran PPKn Tema 5, serta dampak positif yang timbul setelah penerapan multimedia interaktif video animasi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas 1 B di MI Safinatul Huda Jepara. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, metode wawancara dengan 6 subyek yakni kepala sekolah, guru pengampu mata pelajaran PPKn, waka kurikulum, dan 3 peserta didik kelas 1 B, dan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu melalui oservasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dari penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dengan analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa: 1) Implementasi multimedia interaktif video animasi dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui beberapa cara, yaitu guru menjelaskan materi dengan menggunakan multimedia video animasi, peserta didik menyimak dan memperhatikan, guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik secara bergantian sebagai wujud untuk penguatan dalam tingkat pemahaman peserta didik, guru memberikan evaluasi berupa lembar kerja kepada peserta didik guna untuk mengetahui seberapa berhasil peserta didik dalam belajar dilihat melalui hasil belajar yang diperoleh. Dengan demikian, penerapan multimedia interaktif video animasi sangat tepat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. 2) dampak positi ketika penerapan multimedia interaktif video animasi berlangsung yaitu peserta didik dapat bersemangat dalam mengikuti pelajaran, mereka juga terlihat aktif, fokus, responsif, dan antusias dalam proses pembelajaran serta mampu memahami materi dengan baik, sehingga hasil belajar yang mereka peroleh mejadi maksimal karena sudah termotivasi dalam belajarnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif Video Animasi , Motivasi Belajar, PPKn |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 02:08 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 02:08 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5888 |
Actions (login required)
View Item |