Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Bidayatul Hidayah Karya Imam Al-Ghozali

Nafiudin, Muchammad (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Bidayatul Hidayah Karya Imam Al-Ghozali. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (385kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (437kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (196kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (440kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (44kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pembentukan Karakter yang terdapat dalam kitab Bidayatul Hidayah. Kajian ini dilatarbelakangi oleh Kitab Bidyatul Hidayah yang merupakan sebuah kitab karya imam Al-Ghozali (ulama’ pada abad ke VI H) adalah kitab yang sangat penting untuk di kaji dan di jadikan sebagai rujukan dalam pembentukan karakter. Pendidikan karakter dapat dimaknai sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak, yang bertujuan mengembangkan kemampuan seseorang untuk memberikan keputusan baik atau buruk, memelihara kebaikan, mewujudkan dan menebar kebaikan dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati. Dalam hal ini penulis merasa tertarik dengan karya beliau, karna kajian dalam kitab Bidayatul Hidayah tersebut membahas pola kehidupan yang sesuai dengan ajaran islam melalui pendekatan tasawuf dan juga akhlak. Penelitian ini merupakan studi kajian pustaka (library research). Penelitian ini berdasarkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat dalam buku, jurnal, artikel, internet dan catatan penting lainnya yang berkaitan dengan permasalahan yang akan di teliti. Teknik pengumpulan data ada dua kategori, yang pertama yaitu pengambilan data primer, yaitu data yang di kumpulkan peneliti dari sumber pertama. Yang kedua pengambilan data sekunder, yaitu data yang tersusun dalam bentuk dokumen kemudian dianalisis menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Bidayatul Hidayah adalah 1) Mengingat Allah, 2) Disiplin Waktu, 3) Memiliki niat baik, 4) Menjaga diri, 5) Hormat pada orang tua, 6) Toleransi pendidik dan peserta didik, 7) Santun terhadap teman (sahabat) dan orang awam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Bidayatul Hidayah, Imam Al-Ghozali
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Nov 2021 02:21
Last Modified: 17 Nov 2021 02:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5890

Actions (login required)

View Item View Item