Penggunaan Metode Pembelajaran Talking Stick Dalam Memperkuat Pemahaman Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VI MI NU 02 Purwosari Kudus

Wardana, Anisah Fina (2021) Penggunaan Metode Pembelajaran Talking Stick Dalam Memperkuat Pemahaman Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VI MI NU 02 Purwosari Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (471kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (759kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (510kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (692kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (372kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (570kB)

Abstract

Pendidikan menjadi modal berguna bagi sebuah bangsa yang ingin maju. Jika bangsa Indonesia ingin maju harus menempatkan sektor pendidikan sebagai prioritas utama dengan menyusun sumber daya manusia yang baik agar tercipta pendidikan berkualitas. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam memperkuat pemahaman pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VI MI NU Purwosari Kudus. (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode pembelajaran talking stick pada mata pelajaran SKI dengan memperkuat pemahaman peserta didik di kelas VI MI Nahdlatul Ulama 02 Purwosari Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui data primer dan sekunder, dalam data primer berupa hasil wawancara kepada kepala madrasah, guru pengampu Sejarah Kebudayaan Islam serta peserta didik kelas VI dan melakukan observasi dalam pembelajaran menggunakan talking stick. Peneliti juga mengambil data sekunder berupa dokumentasi yang diantaranya, RPP, silabus, transkip nilai, dan foto penggunaan metode talking stick di kelas, dll. Penguji keabsahan data menggunakan uji realibilitas dan triangulasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu mereduksi data yang telah terkumpul, mendisplay data, dan mengambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: Pertama, Penggunaan metode pembelajaran talking stick dalam memperkuat pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VI MI NU 02 Purwosari Kudus sudah sangat efektif. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penelitian bahwa kemampuan peserta didik dalam memperkuat pemahaman lebih bagus setelah penggunaan metode pembelajaran talking stick di kelas VI.. Hal yang dilakukan oleh guru untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam memperkuat pemahaman mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah melalui penilaian tertulis. Dan hal ini dapat dibuktikan adanya peningkatan nilai mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam rata-rata 81,5 diatas nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70. Jika hasil penilaian telah memenuhi rata-rata berarti peserta didik telah memahami pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam dengan baik. Kedua, Faktor pendukung dalam penggunaan metode pembelajaran talking stick pada pembelajaran SKI yaitu faktor guru yang berkompeten karena rata-rata jenjang pendidikannya S1 dan guru selalu melaksanakan evaluasi dengan pretest dan post test. Faktor peserta didik yang memiliki motivasi, minat dan perhatian yang tinggi dalam pembelajaran. Faktor sarana dan prasarana sudah tersedia dengan cukup. Dan faktor lingkungan dalam organisasi kelas sudah sesuai standar tidak terlalu memiliki banyak peserta didik dalam satu kelas. Faktor penghambatnya ialah kurang sumber buku belajar yang diperlukan serta faktor guru sering malas saat menyusun RPP dan penyiapan media pembelajaran. Solusinya dalam memperbaiki hambatan adalah melakukan pembinaan pelatihan, peningkatan wawasan kependidikan khususnya dalam penyusunan perencanaan pembelajaran, serta pihak madrasah menyelenggarakan pembinaan pada guru yang sering menghindari tanggung jawabnya dan pihak sekolah harus menyediakan buku sumber sebagai panduan penyusunan perencanaan pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Talking Stick, dan Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Nov 2021 02:53
Last Modified: 17 Nov 2021 02:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5896

Actions (login required)

View Item View Item