Bimbingan Kelompok dalam Mengatasi Kejenuhan Menghafal Al Qur’an pada Santri di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Remaja Kudus

Rahman, Rahman (2021) Bimbingan Kelompok dalam Mengatasi Kejenuhan Menghafal Al Qur’an pada Santri di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Remaja Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (792kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (337kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (610kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (307kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (512kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Bimbingan Kelompok dalam Mengatasi Kejenuhan Menghafal Al Qur’an pada Santri di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Remaja Kudus, meliputi: 1) Konsep bimbingan kelompok dalam Mengatasi Kejenuhan Menghafal Al Qur’an pada Santri di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Remaja Kudus, 2) Metode bimbingan kelompok dalam Mengatasi Kejenuhan Menghafal Al Qur’an pada Santri di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Remaja Kudus, dan 3) Dampak bimbingan kelompok dalam Mengatasi Kejenuhan Menghafal Al Qur’an terhadap kesuksesan hafalan santri di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Remaja Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian ini ialah ustadz kelompok dan santri Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Remaja Kudus. Pengambilan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber yang dilakukan dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Data yang diperoleh kemudian direduksi dan dipilih data yang sesuai, dan data yang tidak sesuai dihilangkan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data interaktif model, yang terdiri atas reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan verifikasi (conclution drawing) Hasil Penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dalam mengatasi kejenuhan menghafal Al Qur’an pada Santri di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Remaja Kudus, yaitu suatu konsep kreatif yang dilakukan pengelola pesantren dalam penyelesaian masalah terkait dengan kejenuhan santri dalam menghafal Al Qura’an di Pondok Pesantren Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Remaja Kudus, yang meliputi: 1) Konsep bimbingan kelompok dalam mengatasi kejenuhan menghafal Al Qur’an pada Santri di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Remaja Kudus, terdiri dari a) pemahaman maksud dan tujuan bimbingan kelompok; b) penggalian sumber permasalahan yang dihadapi santri dan c) tahapan pelaksanaan kegiatan bimbingan kelompok; 2) Metode bimbingan kelompok dalam Mengatasi Kejenuhan Menghafal Al Qur’an pada Santri di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Remaja Kudus yang digunakan yaitu metode ceramah dan diskusi kelompok, yang dilakukan dengan tahapan a) persiapan materi b) penyampaian materi, dan c) tanya jawab; 3) Dampak bimbingan kelompok dalam Mengatasi Kejenuhan Menghafal Al Qur’an terhadap kesuksesan hafalan santri di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Remaja Kudus yaitu santri termotivasi dan bertambah semangat dalam kegiatan menghafal Al-Qur’an, meningkatnya jumlah khotimin dalam setiap tahun, dan keceriaan santri dalam menghafal Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Kejenuhan Menghafal
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Nov 2021 03:14
Last Modified: 17 Nov 2021 03:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5899

Actions (login required)

View Item View Item