Problematika Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas 1 MI Miftahul Huda Batealit Jepara

Ericawati, Rosita Oktafiana (2021) Problematika Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas 1 MI Miftahul Huda Batealit Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (397kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (463kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (628kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (721kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (299kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (620kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (380kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini diantaranya adalah: pertama, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik integratif mata pelajaran PPKn di MI Miftahul Huda Batealit Jepara. Kedua, untuk mengetahui hambatan yang muncul dalam melaksanakan pembelajaran tematik integratif mata pelajaran PPKn di MI Miftahul Huda Batealit Jepara. Ketiga, untuk mengetahui solusi pihak sekolah dalam menghadapi problematika pembelajaran tematik integratif mata pelajaran PPKn di MI Miftahul Huda Batealit Jepara. Adapun untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakana penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas 1 MI Miftahul Huda Batealit Jepara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek keabsahan data menggunakan uji kreadibilitas dan triangulasi. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MI Miftahul Huda Batealit sudah melaksanakan pembelajaran tematik integratif sejak empat tahun lalu yang lalu. Akan tetapi pelaksanaan pembelajaran tematik integratif di MI Miftahul Huda belum berhasil secara maksimal, karena terdapat kendala yang dialami oleh pendidik dan peserta didik khususnya pada kelas 1. Adapun problematika yang dialami pendidik dan peserta didik khususnya kelas 1 diantaranya: pertama, pengelolaan kelas yang kurang maksimal, kedua, kemampuan membaca dan menulis yang rendah, ketiga, ketidak aktifan peserta didik dalam pembelajaran, keempat, metode pembelajaran yang kurang menarik, kelima, alokasi waktu yang kurang. Solusi yang ditempuh pihak sekolah dalam menghadapi problematika tersebut dengan mengadakan pelatihan kepada guru, menggunakan berbagai macam metode, media dan strategi pembelajaran yang variatif, dan memberikan jam tambahan kepada peserta didik yang lamban dalam membaca dan kurang memahami materi pembelajaran. Implikasi pendidikan islam dalam penelitian ini adalah dalam pelaksanaan proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan guru selalu menggunakan nilai-nilai agama saat proses pembelajaran. salah satunya yaitu menggunakan penilaian sikap spiritual dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran Tematik Integratif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Nov 2021 01:29
Last Modified: 18 Nov 2021 01:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5907

Actions (login required)

View Item View Item