Musykilat mahaarah al-qiraati fi ta'lim al-lughah al-'arabiyyah fi al-madrasah al-muthawashitah "al mubarok" margolinduk demak fii sanah ad-dirosiyah 2020/2021

Akrom, Muhamad Diyaul (2021) Musykilat mahaarah al-qiraati fi ta'lim al-lughah al-'arabiyyah fi al-madrasah al-muthawashitah "al mubarok" margolinduk demak fii sanah ad-dirosiyah 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (784kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (404kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (328kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (606kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (903kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (476kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (700kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (332kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pembelajaran maharah qira‟ah di Madrasah Tsanawiyah Al Mubarok. (2) Mengetahui problematika pembelajaran maharah qira‟ah di Madrasah Tsanawiyah Al Mubarok. (3) Mengetahui solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran maharah qira‟ah di Madrasah Tsanawiyah Al Mubarok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al Mubarok tahun ajaran 2020/2021. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, proses pembelajaran bahasa Arab dengan keterampilan membaca di Madrasah Tsanawiyah Al Mubarok dapat diikuti siswa dengan baik. Dikarenakan sudah sesuai dengan langkah-langkah dalam proses pembelajaran keterampilan membaca. Adapun langkah-langkah dalam proses pembelajaran keterampilan membaca di Madrasah Tsanawiyah Al Mubarok adalah sebagai berikut: (1) Guru memberikan salam, menanyakan kabar ke siswa, dan mengabsen kehadiran siswa. (2) Guru memberikan materi teks bacaan bahasa arab. (3) Guru menyampaikan tata cara pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan metode membaca. (4) Guru membacakan teks bahasa arab terlebih dahulu. Kemudian diikuti oleh semua siswa. (5) Guru menunjuk salah satu siswa secara bergantian untuk membaca teks bahasa arab. Sedangkan siswa yang lain untuk memperhatikan dan mendengarkan. (6) Guru menanyakan kepada siswa apakah ada istilah atau kosakata yang dianggap sulit. (7) Guru memberikan kosakata atau istilah yang dianggap sulit oleh siswa. (8) Guru berdiskusi dengan siswa mengenai isi bacaan. (9) Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai isi bacaan. (10) Guru memberikan tugas tambahan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah dan dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya. Kedua, pembelajaran keterampilan membaca di Madrasah Tsanawiyah Al Mubarok tidak bisa berjalan dengan sempurna dalam proses pembelajarannya. Dikarenakan terdapat problematika yang dialami beberapa siswa. Problematika pembelajaran keterampilan membaca yang terjadi di Madrasah Tsanawiyah Al Mubarok masuk dalam kategori problematika yang sedang. Maka dari itu, tujuan dari pembelajaran keterampilan membaca di Madrasah Tsanawiyah Al Mubarok tidak bisa tercapai secara maksimal. Adapun problematika pembelajaran keterampilan membaca di Madrasah Tsanawiyah Al Mubarok: (1) problematika ؿ‌ yang dialami siswa, yaitu melafalkan bacaan teks bahasa arab, memahami isi bacaan, lambat dalam membaca, latar belakang siswa, kurangnya minat dan motivasi untuk belajar bahasa arab. Ketiga, Solusi dari siswa dalam mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan keterampilan membaca di Madrasah Tsanawiyah Al Mubarok adalah siswa bertanya kepada teman satu kelas untuk membantunya mengatasi kesulitan yang dialami ketika pembelajaran berlangsung, Bertanya secara langsung kepada guru, karena dirasa lebih bisa membantu memahamkan dan mengarahkannya dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode membaca, siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru. Sedangkan solusi dari guru dalam mengatasi problematika pembelajaran keterampilan membaca di Madrasah Tsanawiyah Al Mubarok adalah Guru memberikan kosakata atau istilah yang dianggap sulit siswa, guru mengarahkan dan menghimbau bagi siswa yang belum bisa membaca teks bahasa arab untuk mau belajar dengan temannya yang sudah bisa dan lancar dalam membaca teks bahasa arab, Guru memberikan kegiatan tambahan kepada murid yang belum bisa membaca teks bahasa arab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab, Maharoh Qira’ah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Nov 2021 01:55
Last Modified: 18 Nov 2021 01:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5911

Actions (login required)

View Item View Item