Umiyani, Fika (2021) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTs NU Sabilul Muttaqin Jepang Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (329kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (253kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (550kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (475kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (758kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (353kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (434kB) |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan upaya mengembangkan karakter mulia peserta didik dalam berhubungan di sekolah maupun masyarakat. Nilai-nilai pendidikan karakter merupakan standard berpikir dan berperilaku cerdas dalam menanamkan kebiasaan baik, seperti religius, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri dan demokratis dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter peserta didik MTs NU Sabilul Muttaqin, implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Sabilul Muttaqin, dan faktor pendukung, penghambat, dan solusi terhadap penerapan nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Sabilul Muttaqin. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif di MTs NU Sabilul Muttaqin. Subjek penelitiannya yaitu kepala madrasah, WAKA kurikulum, guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII dan tiga peserta didik kelas VII-A. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun analisis data menggunakan teori Miles and Huberman yaitu dengan menggunakan tiga langkah diantaranya reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakter peserta didik MTs NU Sabilul Muttaqin terdapat 70% yang berperilaku baik dan bermoral, selebihnya 30% kurang dalam bermoral. Adapun hasil observasi karakter peserta didik dapat di katakan baik karena terdapat 65% perilaku baik dan bermoral, selebihnya 35% peserta didik kurang dalam bermoral. (2) Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran Akidah Akhlah di MTs NU Sabilul Muttaqin ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan persiapan pendidik sebelum mengajar yakni menyiapkan silabus dan RPP, pembelajaran dilaksanakan menggunakan metode kisah teladan. Adapun tahap pelaksanaan dengan mengintegrasikan 6 nilai pendidikan karakter ke dalam pembelajaran Akidah Akhlak, di antaranya religius, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri dan demokratis. Adapun pada tahap evaluasi, pelaksanaan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Sabilul Muttaqin sudah terlaksana dengan baik mulai dari input, process, output dan outcome. (3) Faktor pendukung Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yaitu adanya teladan dari pendidik, sarana prasarana lengkap, adanya buku LKS maupun buku paket Akidah Akhlak. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu memiliki intelektual berbeda-beda, masalah keluarga memengaruhi prikologi serta terbatasnya jam pelajaran di Madrasah karena adanya Covid-19. Adapun solusinya yaitu berusaha maksimal melengkapi sarana prasarana madrasah, menjalankan pendidikan karakter sesuai kemampuan madrasah, memberikan motivasi dan perhatian lebih pada peserta didik, serta hubungan komunikasi baik pendidik dengan orang tua
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Pembelajaran Akidah Akhlak |
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 02:19 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 02:19 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5916 |
Actions (login required)
View Item |