Habibie, Ahmad Ilham (2021) Peningkatan Kualitas Guru dan Profesionalisme Terhadap Guru Tidak Sesuai Kompetensi (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Al Lathifiyah Sobotuwo Kronggen Brati Grobogan). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (626kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (187kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (475kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (572kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (306kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (611kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (189kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (374kB) |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang pada Fenomena yang terjadi di lapangan pada tingkatan pendidikan menengah atas khususnya pada Madrasah Aliyah yang terletak di Grobogan menunjukan bahwasanya pendidik di madrasah masih banyak yang tidak memenuhi persyaratan tersebut, apalagi masih banyak adanya guru tidak sesuai kompetensi yang mengajar tidak cocok dengan ijazahnya namun mempunyai kompetensi pendidikan dari perguruan tingginya serta guru yang mengajar pada mata pelajaran yang tidak mempunyai kompetensi ataupun keahlian dalam pembelajarannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan mengenai pemahaman guru yang tidak sesuai kompetensi dan ingin memetakan seberapa jauh upaya guru yang tidak sesuai dengan kompetensi dalam rangka meningkatkan profesionalitas. Penelitian ini adalah jenis studi lapangan kualitatif. Setelah data terkumpul, pengujian keabsahan data menggunakan metode triangulasi dan bahan referensi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dan observasi. Dalam penelitian ini diketahui bahwa Peningkatan Kualitas Guru dan Profesionalisme Terhadap Guru Tidak Sesuai Kompetensi (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Al Lathifiyah Sobotuwo Kronggen Brati Grobogan) dikategorikan cukup dan sangat baik dibuktikan dengan adanya guru yang tidak sesuai kompetensi baik dibuktikan dengan adanya pemahamannya dalam penguasaan materi ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung, kecintaanya terhadap profesi guru, keterampilan dasar dalam melakukan proses kegiatan belajar mengajar dan pemahaman menilai hasil belajar siswa berdasarkan hasil angket yang diisi oleh guru dan wawancara pada guru yang tidak sesuai kompetensi. Sedangkan upaya untuk mengatasi guru yang tidak sesuai dengan kompetensi dalam meningkatkan profesionalitas ada tiga yang pertama yaitu mengikuti pembinaan dan pelatihan, yang kedua sertifikasi pendidik dan yang ketiga meningkatkan pengembangan pengetahuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profesional, Peningkatan Kualitas Guru, Tidak Sesuai Kompetensi |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 02:29 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 02:29 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5918 |
Actions (login required)
View Item |