Implementasi Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam Dalam Membangun Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini di PAUD Al-Husna Cendono

Ulfah, Siti Maria (2021) Implementasi Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam Dalam Membangun Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini di PAUD Al-Husna Cendono. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (903kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (344kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (490kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (678kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (329kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (319kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: (1) Model pembelajaran sentra bahan alam di PAUD Al-Husna Cendono Dawe Kudus. (2) Cara membangun kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun melalui sentra bahan alam di PAUD Al-Husna Cendono Dawe Kudus. (3) Implementasi kecerdasan kinestetik melalui sentra bahan alam di PAUD Al-Husna Cendono Dawe Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dilakukan penggalian data terkait fakta-fakta yang terjadi di lapangan dan peneliti sebagai instrumen kuncinya untuk mengamati, memahami, dan mempelajari sesuatu dengan cara mencatat serta bertanya untuk menggali sumber informasi. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Objek keabsahan data menggunakan perpanjangan triangulasi dengan tiga macam triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran sentra bahan alam di PAUD Al-Husna Cendono mengacu pada kurikulum 2013 dengan pendekatan tematik terpadu, didukung dengan RPPM, RPPH, ragam main sentra bahan alam, penyiapan alat dan bahan main, setting kelas, pemberian pijakan-pijakan main, dan pelaksanaan pembelajaran sentra bahan alam. (2) Cara membangun kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun melalui sentra bahan alam dengan cara guru membuat RPPM dan RPPH pembelajaran yang dikembangkan menjadi ragam main kegiatan berisi tema dan subtema pembelajaran. Setiap sentra minimal ada 4 ragam main. Sentra bahan alam menyediakan ragam main yang berkaitan tentang aktivitas motorik halus untuk membangun kecerdasan kinestetik anak seperti keterampilan menggunting gambar, menempel, meronce, mencetak, mengecap, meremas, dan kolase. (3) Implementasi kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun melalui sentra bahan alam dapat dilihat pada ragam main kegiatan, tema pekerjaan subtema petani, anak-anak meronce peralatan petani satu persatu menggunakan benang dan diselingi sedotan pada setiap gambar yang dironce. Subtema guru, anak-anak bermain membuat kapur dari plastisin dengan cara meremas-meremas plastisin kemudian digulung-gulung memanjang sampai bisa membentuk kapur tulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Sentra Bahan Alam, Kecerdasan Kinestetik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:21
Last Modified: 19 Nov 2021 02:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5932

Actions (login required)

View Item View Item