Implementasi Manajemen Bauran Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatan Daya Saing Lembaga Pendidikan di MIN 1 Pati

Rochimuzzaman, Rochimuzzaman (2021) Implementasi Manajemen Bauran Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatan Daya Saing Lembaga Pendidikan di MIN 1 Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (495kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (338kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (724kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (390kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (701kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (397kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena MIN 1 Pati mempunyai banyak siswa ditengah persaingan dengan sekolah-sekolah yang berdekatan dengannya. Manajemen bauran pemasaran pendidikan berbasis madrasah dipilih karena unsur manajemen berupa perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan,evaluasi, dengan menerapkan strategi bauran pemasaran 7p (product, price, place, promotion, physical evidence, people, process) sebagai upaya lembaga dalam meningkatkan daya saing antar lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mengetahui Manajemen PPDB di MIN 1 Pati (2) Mengetahui daya saing lembaga pendidikan di MIN1Pati (3) Mengetahui bauran pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan daya saing Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data berupa dokumen dan hasil wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi lapangan, mencari dokumentasi dari informan terkait yakni kepala TU (tata usaha), dan bendahara sekolah. Serta wawancara kepada kepala madrasah, dan guru bagian humas. Analisis data dilakukan melalui tiga alur yaitu reduksi data, display data dan conclusion. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pelaksanaan manajemen PPDB menggunakan konsep manajemen yang berupa planning organizing, actuating, controling dan evaluating Daya Saing Lembaga Pendidikan di MIN 1 Pati dengan menerapkan strategi bauran pemasaran berupa process implementing marketing mix strategy 7p (product, price, place, promotion, physical evidence, people, process) sehingga MIN 1 Pati berhasil meningkatkan daya saingnya Implementasi Manajemen Bauran Pemasaran berbasis madrasah Dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga pendidikan Hasil dari penerapan manajemen “ Marketing Mix” adalah MIN 1 Pati mengalami peningkatan dalam penerimaan peserta didik baru serta memiliki kemampuan untuk bersaing dengan lembaga pendidikan di Kecamatan Kayen Kabupaten Pati

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Marketing Mix, Daya Saing, MIN 1 Pati.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Nov 2021 01:56
Last Modified: 22 Nov 2021 01:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5946

Actions (login required)

View Item View Item