Pola Komunikasi Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Masa New Normal di MIN 2 Demak

Istiqomah, Ulia (2021) Pola Komunikasi Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Masa New Normal di MIN 2 Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (454kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (233kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (676kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pembelajaran masa new normal kelas Va di MIN 2 Demak. 2) mengetahui pola komunikasi yang terbentuk antara guru dan orang tua siswa dalam pembelajaran masa new normal di MIN 2 Demak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu dan mengadakan member check. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Kegiatan belajar mengajar di kelas Va pada saat masa new normal di MIN 2 Demak dilaksanakan dengan menggabungkan teknik pembelajaran tatap muka di kelas dengan memenuhi protokol kesehatan dan e-learning atau biasanya disebut dengan istilah blended learning. Pembelajaran tatap muka dilaksanakan selama tiga hari dan tiga hari sisanya dilaksanakan secara daring. Selama pembelajaran daring menggunakan media WAG untuk penyampaian materi dan tugas yang diberikan guru. WAG dirasa efektif karena dinilai lebih mudah dan murah. 2) Penggunaan pola jaringan komunikasi roda terbuka dalam komunikasi guru dan orang tua. Dalam model pola jaringan komunikasi roda terbuka, guru sebagai pemimpin yang posisinya berada di pusat. Guru dapat berkomunikasi dengan sejumlah orang tua yang ada di dalam grup. Guru sebagai pusat semua laporan, instruksi, perintah kerja dan kepengawasan dengan empat orang tua atau lebih dan terjadi komunikasi antara orang tua satu dengan yang lain. Pola komunikasi roda terbuka ini dianggap paling baik dibandingkan dengan pola jaringan komunikasi lainnya karena lebih cepat mendapat tanggapan dan lebih terorganisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi Guru dan Orang Tua, Pembelajaran di Masa New Normal, Pola Komunikasi Roda, Blended Learning
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 23 Nov 2021 01:26
Last Modified: 23 Nov 2021 01:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5960

Actions (login required)

View Item View Item