Keefektifan Metode Belajar Edutainment (Education Entertainment) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Mts Khoiriyyah Bae Kudus

Umah, Erna Rofiatul (2021) Keefektifan Metode Belajar Edutainment (Education Entertainment) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Mts Khoiriyyah Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (380kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (338kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (657kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (441kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (644kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (719kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (379kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan Metode belajar edutainment (Education Entertainment) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII di Mts Khoiriyyah Bae Kudus. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan desain quasi eksperimental (quasi experimental design) dengan bentuk nonequivalen control group design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan guru mata pelajaran. Data-data keefekifan metode belajar edutainment (Education Entertainment) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di Mts Khoiriyyah Bae Kudus dikumpulkan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Selain itu peneliti menggunakan instrumen tes yang diberikan kepada peserta didik untuk mendapatkan data yang digunakan untuk menganalisis hasil kemampuan berpikir kritis. Metode ceramah merupakan salah satu metode yang sering digunakan dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam. Seperti di Mts Khoiriyyah Bae Kudus dengan cara guru menyampaikan materi secara lisan siswa mencatatnya dibuku tulis lalu dihafalkan. Pembelajaran yang berpusat pada guru membuat peserta didik bosan dan kurang tertarik sehingga kegiatan pembelajaran kurang bermakna dan optimal. Metode edutainment (Education Entertainment) dapat menjadi alternatif pembelajarn Sejarah Kebudayaan Islam. Melalui Metode edutainment (Education Entertainment) mencoba mengeksplorasi perasaan, aktif, kreatif, maupun merasa senang karena Metode belajar edutainment (Education Entertainment) mengkombinasi antara pendidikan dan hiburan. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa: 1) kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII menggunakan metode belajar edutainment (Education Entertainment) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Mts Khoiriyyah Bae Kudus lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis yang menggunakan metode ceramah. 2) hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa uji t tersebut memiliki nilai t hitung sebesar 6,192 sedangkan nilai tabel sebesar 2,040 artinya 6,192 > 2,040. Sedangkan nilai signifikansinya adalah 0,000 artinya 0,000 < 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara siswa kelas eksperimen yang mendapatkan perlakun metode edutainment (Education Entertainment) dengan siswa kontrol yang menggunakan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: DAFTAR PUSTAKA Andrioza dan Badrus Zaman., “ Edutainment Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”, Mudarrisa Jurnal Kajian Pendidikan Islam 8, no.2 ( 2016). Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara, 2012. Aslichati dkk. Metode Penelitian Sosial. Jakarta:Universitas Terbuka,2010. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara, 2012. Basaria, Novita dan Leonard, “Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Strategi Pembelajaran Tugas Dan Paksa”.(Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, Jakarta, 2 Agustus 218) B, Elaine, Johnson. Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-MengajarMengasikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa Learning, 2011. Darsono dan T.Ibrahim. Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam 1 Untuk Kelas VII MTs. Solo: PT. Tiga Serangkai, 2009. Daryanto. Inovasi Pembelajaran efektif. Bandung:Yrama Widya. 2013 Depdiknas Undang-Undang RI, “ 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” (8 Juli 2003). Deporter, Bobi dan Mike Hernacki. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Bandung:Kaifa, 2011. Djamarah, Bahri, Syaiful dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta 2006. Djamarah, Bahri, Syaiful . Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2011. Endang Poerwanti dkk. Asesmen pembelajaran SD. Depdiknas, 2007. Facione. Critical Thinking:What it is and Why it Counts. Millbrae CA: Measured Reasons and The California Academic Press, 2013. Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 2013. Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara,2001. Hamid, Sholeh. Metode Edutainment. Jogjakarta: DIVA Press, 2014. Hamruni. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta:Insan Madani,. 2012. Johariyah, Siti “Urgensi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam”, Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1 No 2 (2009). Kementrian Agama RI Al-Qur’an dan Terjemah. Jakarta: PT Surya Prisma Sinergi, 2012. Kumiasih, Woro Ary. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kritis, Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema “ Peningkatan Kontribusi Penelitian dan Pembelajaran Matematika dalam Upaya Pembentukan Karakter Bangsa”, di FMIPA UNY, Pada 27 Novemver 2010 Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Kudus. Pedoman Penyelesaian Tugas Akhir Program Sarjana (Skripsi).2019. Masrukhin. Statistik Inferensial: Aplikasi Program SPSS. Kudus: Media Ilmu Press, 2004. Masrukhin. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kudus: Media Ilmu Press, 2016. Mukaffan, Trend Edutainment Dalam Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, Volume 8 Nomer 2 (2013). Nasution. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2009. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomer 000912 Tahun 2013, Tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Islam dan Bahasa Arab. Prameswari, Wahyu Salvina dkk. Inculcate Critical Thinking Skills In Primary School, National Seminar On Elementary Education (SNPD 2018) Shes: Conference Series 1 (1)(2018) Purwanto. Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011. Prayitno. Duwi. Paham Analisis Statistik Data Dengan SPSS. Yogyakarta:MediaKom, 2010. Rasyid, Abdul , Problematika Pemblajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Al-khairaat Pakuli Kabupaten Sigi, Scolae:Journal of pedagogy.Vol 1. No 1. 2018. Riduwan. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula, . Bandung:Alfabeta, 2012. Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Premada, 2009. Sardiman. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada. 2011. Sudono, Anggaini, Sumber Belajar dan Alat Permainan: Untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Grasindo.2003. Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi: Mixed Methods. Bandung:Alfabeta, 2011. Sugiyono. Metode Penelitian Administrasi: dilengkapi dengan metode R&D. Bandung:Alfabeta, 2010. Sugiyono. Metodologi Penelitian Kualitatifa, Kuantitatif, R&D. Jakarta:Alfabeta, 2011. Sugihartono dkk. Psikologi Pendidikan. Jogjakarta:UNY Press, 2007. Sukmadinata dan Nana syaodih. Metode Penelitian pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya, 2012. Suprihatiningrum, Jamil. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar�Ruzz Media, 2013. Susanto, Aris Victorius. Strategi dan Langkah-langkah Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012. Sutikno, Sobry, M. Metode & Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica, 2014. Sutrisno. Revolusi Pendidikan Indonesia. Jogjakarta: Ar-Ruzz, 2005. Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2014 Uno, B, Hamzah dan Nurdin. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara, 2011. Widiasworo, Erwin. Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter. Yogyakarta: Am Ar-Ruzz Media, 2018.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Nov 2021 01:51
Last Modified: 23 Nov 2021 01:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5963

Actions (login required)

View Item View Item