Astutik, Anisa Dwi (2021) Pembelajaran Audio Visual Jarak Jauh Pada Mata Pelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Life Skill (Kecakapan Hidup) Peserta Didik Kelas 10 di MA NU Raudlatus Shibyan Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (244kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (135kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (259kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (614kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (225kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (191kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
Abstract
Proses pembelajaran fiqih harus dapat menyeimbangkan antara teori dan praktek agar dapat merangsang dan mengeksplor kemampuan peserta didik. Sesuai dengan adanya pembelajaran jarak jauh (PJJ) proses pembelajaran harus dapat berpusat pada peserta didik dengan memanfaatkan teknologi seperti penggunaan komputer dan hadpone.. Media audio visual sendiri dapat memotivasi dan memperjelas materi yang dipelajari sehingga dapat mempengaruhi sikap dan prilaku peserta didik agar bisa meningkatkan life skill (kecakapan hidup) akan nilai-nilai kehidupan di masyarakat sesuai dengan aturan-aturan hukum syariat Islam. Salah satunya yaitu melalui penggunaan media audio visual yang diaplikaskan dengan pembuatan vidio pembelajaran dan powerpoint. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui proses kegiatan pembelajaran audio visual jarak jauh pada mata pelajaran fiqih di MA NU Raudlatus Shibyan (2) untuk mengetahui penggunaan media audio visual jaraj jauh pada mata pelajaran fiqih dapat meningkatkan life skill (kecakapan hidup) peserta didik kelas 10 di MA NU Raudlatus Shibyan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), Pendekatan yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Teknik analisis data yaitu meliputi reduksi data, penyaajian data, menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti, penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses kegiatan pembelajaran audio visual jarak jauh pada mata pelajaran fiqih di MA NU RAudlatus Shibyan sudah berjalan cukup baik yaitu dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam proses pembelajarannya memang lebih dipusatkan pada peserta didik dengan menggunakan media audio visual yang diaplikasikan dengan pembuatan video pembelajaran dan powerpoint, 2) Pembelajaran audio visual jarak jauh pada mata pelajaran fiqih untuk dapat meningkatkan life skill (kecakapan hidup) peserta didik, ada beberapa life skill yang harus dikuasai oleh peserta didik antara lain yaitu life skill (kecakapan hidup) yang bersifat generic (umum) yang mencakup kecakapan personal meliputi kecakapan berfikir, kecakapan mengenal diri dan kecakapan spiritual. Kecakapan social yang meliputi kecakapan berkomunikasi, dan kecakapan bekerjasama. Dari jenis-jenis lifeskill (kecakapanhidup) yang harus dikuasai oleh peserta didik bahwa tidak semua life skill (kecakapan hidup) dapat dikuasai oleh semua peserta didik kelas 10 di MA NU RAudlatus Shibyan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Audio Visual Jarak Jauh, dan Meningkatkan Life Skill (Kecakapan Hidup) Peserta Didik. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 02:03 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 02:03 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5966 |
Actions (login required)
View Item |