: PELAKSANAAN METODE DRILL BAGI ANAK YANG KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN DALAM KELANCARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MTS NAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Maftukhah, Ulfi (2016) : PELAKSANAAN METODE DRILL BAGI ANAK YANG KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN DALAM KELANCARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MTS NAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III .pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini menjawab rumusan masalah: (1) Bagaimana metode drill bagi anak yang kesulitan membaca Al-Qur’an dalam kelancaran membaca Al-Qur’an di MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana kesulitan membaca Al-Qur’an bagi anak dalam kelancaran membaca Al-Qur’an di MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak Tahun Pelajaran 2016/2017 (3) Bagaimana pelaksanaan metode drill bagi anak yang kesulitan membaca Al-Qur’an dalam kelancaran membaca Al-Qur’an di MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak Tahun Pelajaran 2016/2017? pelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, catatan lapangan, foto, dan dokumentasi, data yang terkumpul kemudian dianalisis. Penelitian ini menggunakan subyek siswa dan guru PAI di MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak. Kajian ini menunjukkan bahwa (1) Metode drill bagi anak yang kesulitan membaca Al-Qur’an dalam kelancaran membaca Al-Qur’an dianggap kurang efektif karena mayoritas siswa berasal dari SD yang modal dasar bacaan huruf hijaiyah belum dikuasai siswa walaupun metode yang digunakan sudah baik. (2) Kesulitan membaca Al-Qur’an bagi anak yang kesulitan membaca Al-Qur’an dalam kelancaran membaca Al-Qur’an di MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak menemukan beberapa kesulitan membaca Al-Qur’an yaitu keliru tajwid ini dikarenakan siswa yang tidak terbiasa membaca Al-Qur’an dan tidak menguasai dasar bacaan Al-Qur’an, kemudian lidah kaku ini dikarenakan siswa yang mayoritas dari SD beralih ke MTs dimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam sangat minim dan kurang optimal sehingga siswa sering mengalami lidah kaku dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini disebabkan oleh kurangnya perhatian orang tua dalam melatih membaca Al-Qur’an dirumah, pengaruh lingkungan sekitar yang dekat dengan wilayah perkotaan, dan adanya media elektronik yang tidak terkontrol. (3) Pelaksanaan metode drill bagi anak yang kesulitan membaca Al-Qur’an dalam kelancaran membaca Al-Qur’an kurang efektif sebagaimana argumentasi yang telah penulis jelaskan pada kesimpulan 1 dan 2 dan dibuktikan lagi adanya nilai-nilai prestasi baca Al-Qur’an siswa-siswi di MTs Nahdlatusy Syubban rata-rata yaitu 75 di bawah nilai standart yang telah ditetapkan oleh lembaga yaitu 78 maka hasilnya kurang efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Metode drill bagi anak yang kesulitan membaca Al-Qur’an dalam kelancaran membaca Al-Qur’an
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Feb 2017 02:20
Last Modified: 18 Feb 2017 02:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/597

Actions (login required)

View Item View Item