Rahmawati, Venni (2021) Implementasi Metode Team Game Turnamen (TGT) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran Al–Qur’an Hadits di MI NU Nahdlotul Wathon Piji Dawe, Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (481kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (389kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (419kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (916kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (409kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (409kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (753kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (389kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (455kB) |
Abstract
Problem yang terjadi di dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa yang sangat rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) implementasi metode Team Game Turnament (TGT), (2) untuk mengetahui upaya peningkatan motivasi belajar siswa kelas III, dan (3) untuk mengetahui faktor pendukung, penghambat, serta solusi implementasi metode Team Game Turnament (TGT) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Penelitian ini adalah studi penelitian lapangan (Field Research), dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ada 18 orang yang terdiri dari kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadist, dan siswa kelas III yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan Perpanjangan Pengamatan, Peningkatan Ketekunan, Triangulasi, dan Menggunakan Bahan Referensi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan maka diperoleh temuan bahwa salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan mengimplementasikan metode Team Game Turnament (TGT) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Temuan tersebut di antaranya: (1) pelaksanaan Implementasi Metode Team Game Turnament (TGT) pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist kelas III sudah berjalan dengan baik, hal ini telihat sebelum pembelajaran dimulai guru terlebih dahulu membuat RPP, metode dan media apa yang digunakan untuk mendukung pemahaman siswa, (2) pelaksanaan Implementasi Metode Team Game Turnament (TGT) pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist kelas III dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, hal ini terlihat dari peserta didik yang antusias dan semangat mengikuti pembelajaran, upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa salah satunya yaitu menggunakan Metode Team Game Turnament (TGT), selain itu guru memberi hadiah atau memberi pujian siswa dalam hasil belajarnya, (3) adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Implementasi Metode Team Game Turnament (TGT) pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist kelas III ada dua yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Adapun faktor pendukungnya yaitu semangat dan tingkat intelegensi peserta didik, adapun faktor penghambatnya yaitu kemampuan berpikir peserta didik yang rendah, kurangnya rasa percaya diri dan alokasi waktu yang sulit karena memakan banyak waktu. Karena itu solusi terbaik untuk mengatasi segala kendala yang dialami yaitu membantu siswa untuk berinteraksi dengan sesama teman dan guru, kemudian mengulang pembelajaran pada jam dan waktu yang lain dengan metode dan materi yang sama
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Team Game Turnament (TGT), Motivasi Belajar Siswa, Al-Qur’an Hadist |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 02:40 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 02:40 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5971 |
Actions (login required)
View Item |