Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Pengembangan Karakter Siswa Kelas IV MI Safiiyah Kembangarum Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2020/2021

Rohmah, Siti Nur (2021) Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Pengembangan Karakter Siswa Kelas IV MI Safiiyah Kembangarum Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (392kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (727kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (438kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (918kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (347kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)

Abstract

Program tahfidz al-Qur’an di MI Safiiyah Kembangarum Mranggen Demak seharusnya masuk dalam kegiatan ekstrakurikuler. Namun, pelaksanaannya di MI sebagai kegiatan intrakurikuler dan program wajib yang menjadi muatan kurikulum ciri khas madrasah yang harus diikuti oleh semua jenjang kelas dari kelas I-V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1)Program tahfidz Al-Qur’an siswa kelas IV di MI Safiiyah Kembangarum Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Implementasi pendidikan karakter melalui program tahfidz Al-Qur’an. 3) faktor pendukung dan penghambat pengembangan karakter melalui program tahfidz Al-Qur’an siswa kelas IV. Jenis penelitian iniadalah penelitianlapangan (field research).Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuansubyek penelitian dengan purposive samplingsehingga didapatkan informan kepala madrasah, guru tahfidz, dan siswa kelas IV.Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Kemudian dilakukan uji keabsahan data yang meliputi: 1) uji kredibilitas dengan tahapan perpanjangan pengamatan, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan member check, 2) Uji Dependability, dan 3) Uji Confirmability. Setelah itu dilakukan uji analisis data yang meliputi tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun hasil penelitian ini adalah pelaksanaan tahfidz Al-Qur’an siswa kelas IV di MI Safiiyah Kembangarum Mranggen Demak dimulai pada pagi hari yaitu pukul 06.45 sampai jam 12.30. Program tahfidz Al-Qur’an siswa kelas IV di MI Safiiyah Kembangarum Mranggen Demak meliputi tujuan program, menentukan penanggungjawab program (koordinator), menetukan target hafalan siswa per-semester, dan membuat jadwal pelaksanaan program. Implementasi pendidikan karakter melalui program tahfidz Al-Qur’an siswa kelas IV di MI Safiiyah Kembangarum Mranggen Demak dengan pemberian materi yang harus dihafal siswa dengan proses setoran dan metode muroja’ah. Faktor pendukung pendidikan karakter melalui program tahfidz Al-Qur’an siswa kelas IV di MI Safiiyah Kembangarum Mranggen Demak adalah 1) tenaga pengajar berkompeten alumni pondok pesantren tahfidzul Qur`an, 2) ruang dan fasilitas pembelajaran yang aman dan nyaman, 3). wali siswa yang selalu memberikan motivasi / muroja’ah di rumah. Sedangkan faktor penghambat pendidikan karakter melalui program tahfidz Al-Qur’an siswa kelas IV di MI Safiiyah Kembangarum Mranggen Demak adalah 1) sulit mendapatkan tenaga pengajar dari alumni pondok pesantren, 2) rasa malas siswa, 3) rasio jumlah siswa dan tenaga pengajar yang tidak ideal, dan 4) kemampuan siswa tidak merata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Karakter, Siswa, Tahfidz Al-Qur’an
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Nov 2021 01:08
Last Modified: 25 Nov 2021 01:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5981

Actions (login required)

View Item View Item