Konsep Kompetensi Kepribadian Guru Menurut Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim Karya Syaikh Hasyim Asy'ari

Umam, Khoirul (2021) Konsep Kompetensi Kepribadian Guru Menurut Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim Karya Syaikh Hasyim Asy'ari. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (392kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (395kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (519kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (600kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (322kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (832kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (381kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana peran guru dalam pembelajaran menurut kitab Adabul Alim Wal Muta’allim karya Syaikh Hasyim Asy'ari? (2) Bagaimana konsep kompetensi kepribadian guru menurut kitab Adabul Alim Wal Muta’allim karya Syaikh Hasyim Asy'ari? (3) Bagaimana upaya dalam mengembangkan kompetensi kepribadian guru menurut kitab Adabul Alim Wal Muta’allim karya Syaikh Hasyim Asy'ari? Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif studi kepustakaan (library research) dan data atau informasi dengan sumber utama yaitu Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim Karya Syaikh Hasyim Asy'ari. Kemudian metode analisis data peneliti memakai content analysis atau analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran guru dalam pembelajaran yang tertulis dalam Kitab Adabul Alim Wal Mutaallim yaitu guru sebagai pengarah pembelajaran dan menjaga hadats, karena sebaiknya guru bersuci terlebih dahulu dari hadats dan najis, juga hendaknya berniat mengagungkan ilmu. Selain itu guru berperan sebagai pembuat suasana nyaman dalam pembelajaran, bersikap ramah dengan mayoritas hadirin, memuliakannya dengan komunikasi yang baik. Peran lainnya guru sebagai pengatur materi dengan mengutamakan ilmu yang paling penting dan kemudian pelajaran yang agak penting. Guru mengasihi orang yang hadir, menyenangkan para hadirin, dan mengulangi kembali maksud dari pembahasan bagi siswa yang kurang atau terlambat. (2) Konsep kompetensi kepribadian guru menurut kitab Adabul Alim Wal Muta’allim Karya Syaikh Hasyim Asy'ari antara lain guru selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT walaupun ramai atau sepi, selalu takut kepada Allah SWT dalam segala pergerakan, ucapannya, dan perbuatannya, selalu menghindari barang haram dan syubhat, rendah hati, khusyu’ kepada Allah, berpegangan kepada Allah, tidak menjadikan ilmunya sebagai tangga keduniaan, mempergauli masyarakat dengan akhlak mulia, dan menyucikan lahir batin dari akhlak-akhlak yang rendah, meramaikan batiniyahnya dengan akhlak yang diridloi oleh Allah, serta selalu berambisi dalam menambahi ilmu dan amal dengan tekun dan rajin dalam menggali ilmu. (3) Upaya pengembangan kompetensi kepribadian guru menurut kitab Adabul Alim Wal Muta’allim Karya Syaikh Hasyim Asy'ari antara lain hendaknya guru mencegah mengajar siswa karena tiada keikhlasan, guru cinta terhadap siswanya, memperbaiki pendidikan siswanya, akhlaknya, dan tingkah lakunya, toleran terhadap siswa dengan mempermudah dalam menyampaikannya, dan memperbaiki ucapannya untuk memperbaiki akhlaqnya, bersyukur dan menguji kepada siswanya agar membangkitkan semangat mereka, tidak mengistimewakan salah satu siswa, mengasihi para siswanya, rendah diri atau tawadu’ terhadap siswanya, dan seringkali berkomunikasi siswanya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Adabul Alim Wal Muta’allim
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:40
Last Modified: 25 Nov 2021 02:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5993

Actions (login required)

View Item View Item