Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Online pada Topik Tekanan Zat dan penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMP/MTs

Nurona, Atmim (2021) Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Online pada Topik Tekanan Zat dan penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (534kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (327kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (690kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (525kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (314kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk instrumen tes berbasis online pada topik tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik SMP/MTs serta menganalisis respon dari peserta didik. Asesmen yang dikembangkan berdasarkan pada sembilan aspek keterampilan proses sains. Data penelitian berupa kelayakan instrumen dari validasi ahli serta uji coba kepada peserta didik dan angket respon peserta didik. Uji coba dilakukan di MTs NU Ibtidaul Falah dengan peserta didik pada tahap pertama 20 peserta didik dan pada tahap kedua 40 peserta didik. Hasil penelitian dari validasi ahli mendapatkan rata-rata masing-masing 98,13% dan 98,32%. Diketahui bahwa analisis rata-rata validitas sebesar 0,40, reabilitas sebesar 0,84, taraf kesukaran sebesar 0,5, dan daya pembeda sebesar 0,33, hasil persentase pengukuran keterampilan proses sains pada peserta didik didapatkan 4 aspek termasuk kategori baik dan 5 aspek termasuk kategori cukup. Hasil angket respon peserta didik terhadap penerapan instrumen tes berbasis online adalah sebesar 80,4%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, instrumen tes berbasis online yang telah mengalami uji coba kemudian mendapatkan item soal layak sebanyak 25 item soal pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban telah dikembangkan dan layak digunakan sebagai instrumen untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik SMP/MTs

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: instrumen tes berbasis online, tekanan zat, keterampilan proses sains
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:25
Last Modified: 03 Dec 2021 02:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6020

Actions (login required)

View Item View Item