Implementasi “Kencleng Sedekah” Dalam Pendidikan Karakter Dermawan di SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus

Fitriani, Anisya (2021) Implementasi “Kencleng Sedekah” Dalam Pendidikan Karakter Dermawan di SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (474kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (397kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (415kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (707kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (502kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (391kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (474kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus merupakan Sekolah Dasar yang menyelenggarakan program “Kencleng Sedekah” sebagai sarana pengembangan pendidikan karakter dermawan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mendeskripsikan implementasi “Kencleng sedekah”dalam pendidikan karakter dermawan, 2) untuk mendeskripsikan metode-metode impementasi “Kencleng Sedekah” dalam pendidikan karakter dermawan, 3) untuk mendeskripskan faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan “Kencleng Sedekah” di SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian lapangan. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan subyek dengan purposive sampling. Subyek penelitian ini yaitu kepala sekolah, penanggung jawab program serta siswa kelas 5. Pengujian keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan trianggulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, yaitu: 1). Implementasi “Kencleng Sedekah” di SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus dilakukan melalui tiga tahapan. Yaitu tahapan perencanaan program yang meliputi pengadaan dan pembagian kencleng kepada siswa. Tahapan pelaksanaan program yaitu pengisian kencleng oleh siswa di rumah. Dan tahapan hasil program yaitu pengumpulan kencleng oleh siswa di sekolahan. 2). Metode implementasi “Kencleng Sedekah” dalam Pendidikan Karakter Dermawan di SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus dilaksanakan dengan dua metode yaitu metode pembiasaan dan metode nasihat. 3). Faktor pendukung pelaksanaan “Kencleng Sedekah” di SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus antara lain yaitu adanya dukungan orang tua di rumah, adanya dukungan bapak dan ibu guru di sekolah dan lingkungan keluarga yang harmonis. Sedangkan faktor penghambat pada pelaksanaan “Kencleng Sedekah” di SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus antara lain yaitu kurangnya rasa tanggung jawab dari siswa, dan lingkungan keluarga yang kurang mendukung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kencleng sedekah, pendidikan karakter dermawan
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:29
Last Modified: 03 Dec 2021 02:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6021

Actions (login required)

View Item View Item