Implementasi Pembelajaran Finger Painting Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Di RA NU Mawaqi’ul Ulum Desa Medini Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus

Aeni, Nurul (2021) Implementasi Pembelajaran Finger Painting Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Di RA NU Mawaqi’ul Ulum Desa Medini Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (412kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (358kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (485kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (397kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (520kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (260kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)

Abstract

Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah :1) Untuk mengetahui implementasi finger painting dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini di RA NU Mawaqi’ul Ulum Desa Medini Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus; 2) Untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi ketika penerapan finger painting dilakukan dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini di RA NU Mawaqi’ul Ulum Desa Medini Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus; 3) Untuk memahami solusi dalam mengatasi kendala yang dihadapi anak usia dini ketika pembelajaran finger painting dilakukan guna meningkatkan ketrampilan motorik halus anak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, sering disebut metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Penelitian ini dilaksanakan melalui studi lapangan (field research) dengan fokus RA NU Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus. Sumber data Primer diperoleh melalui kepala RA, guru kelas dan wali murid. Sumber data sekunder didapat dari buku-buku serta referensi yang relevan serta jurnal – jurnal dan website yang terkait dengan proses pembelajaran finger painting untuk meningkatkan ketrampilan motrik halus pada anak kelompok B. Data tersebut dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara serta dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Implementasi pembelajaran finger painting untuk meningkatkan ketrampilan motorik halus anak usia dini di RA NU Mawaqi’ul Ulum Desa Medini Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus telah dilakukan diawali dengan guru menunjukkan alat peraga dan bahan yang digunakan, memperagakan cara mencampur warna, membentuk kelompok kecil, mengajak untuk berpartisipasi langsung dalam proses pembelajaran mencampur warna, menerapkannya dalam bentuk gambar mengharsilkan hasil karya gambar finger painting yang original dan didapatkan anak bukan hanya meningkatkan kreativitas seperti perkembangan motorik halus saja namun juga kepekaan terhadap warna, bentuk, ukuran dan juga kemampuan memecahkan masalah ataupun kemampuan anak dalam berfikir/berimajinasi, 2) Kendala yang terdapat pada guru yaitu guru kurang memotivasi anak supaya proaktif sehingga anak kurang memahami dalam pencampuran warna dan kurang aktif selama proses pembelajaran serta langkah – langkah penerapan finger painting belum dilakukan secara maksimal, 3) Solusi yang digunakan dalam pembelajaran finger painting untuk meningkatkan ketrampilan motorik halus pada anak usia dini di RA NU Mawaqi’ul Ulum yaitu pembelajaran efektif mengacu pada proses keterlibatan anak dalam kegiatan belajar mengajar serta kepahaman anak, serta guru menggunakan metode yang tepat dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Finger Painting, Motorik Halus, PAUD
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:11
Last Modified: 06 Dec 2021 02:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6033

Actions (login required)

View Item View Item