Khamid, Fatkhul (2021) Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Keagamaan Aswaja di MA Nurul Islam Kriyan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (954kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (254kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (521kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (611kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (298kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (574kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (332kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (356kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi kurikulum muatan lokal keagamaan serta kendala dan faktor pendukung yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan kurikulum muatan lokal pendidikan keagamaan dalam membentuk karakter peserta didik berbasis kecerdasan moral. Metode kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini, jenis penelitianya adalah penelitian lapangan (field Research). Lokasi penelitian dilakukan di MA Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam hal ini yang bersangkutan dengan kepala madrasah, wakil kepala bagian kurikulum, dan guru yang mengajar mata pelajaran muatan lokal keagamaan aswaja. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan waktu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran Aswaja tidak mengacu pada teori saja, tetapi juga melalui penerapan pembiasan-pembiasaan keagamaan di madrasah. Selain itu, guru juga memberikan pemahaman bahwa kita harus memiliki sikap toleransi, setia kawan, tolong menolong, amar ma’ruf nahi mungkar, dan menjaga perdamaian agar tidak terjadi permusuhan. Terdapat beberapa kendala di antaranya: Ketersediaan buku pelajaran yang masih terbatas, Sarana dan prasarana yang kurang memadai, keterbatasan waktu guru mengajar, dan minat peserta didik masih kurang. sedangkan faktor pendukung yang peneliti temukan di antaranya: guru, peserta didik, dan lingkungan belajar yang mendukung. Dalam hal ini, peran pendidik sangat menentukan dalam pemembentukan karakter dan moral peserta didik dalam pembelajaran Aswaja. Karena kultur dan budaya di madrasah memiliki pengaruh dalam pembentukan karakter, dimana seorang pendidik menjadi figur panutan peserta didik dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam Aswaja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, Muatan Lokal, Aswaja, Karakter, Kecerdasan Moral. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 02:17 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 02:17 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6034 |
Actions (login required)
View Item |