Studi Analisis Peranan Orang Tua dalam Pengembangan Empati Anak Usia Dini pada Kelompok B Di RA Islamiyah Angkatan Lor Tambakromo Pati Tahun Pelajaran 2020/2021

Lestari, Ani Puji (2021) Studi Analisis Peranan Orang Tua dalam Pengembangan Empati Anak Usia Dini pada Kelompok B Di RA Islamiyah Angkatan Lor Tambakromo Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (752kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (281kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (566kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (122kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)

Abstract

Anak usia dini merupakan individu unik dengan segala karakteristiknya. Perkembangan yang terjadi pada anak seperti perkembangan sikap empati tidak serta merta dapat tumbuh dengan sendirinya melainkan ada peranan orang tua dalam memberikan pengasuhan yang mempunyai kontribusi yang sangat besar dalam hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti terkait peranan orang tua dalam pengembangan empati pada anak, mendeskripsikan perkembangan empati pada anak, dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam pengembangan empati anak kelompok B di RA Islamiyah Angkatan Lor Tambakromo Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang mana dalam penelitian kualitatif dapat mendeskripsikan atau menggambarkan suatu kejadian di lapangan secara nyata dan mendalam. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas B RA Islamiyah yang berjumlah 25 anak terdiri dari 13 anak laki-laki dan 12 anak perempuan dan semua pihak yang dapat memberikan informasi yakni orang tua, kepala sekolah dan guru kelas B. Sumber data diperoleh melalui hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas B, orang tua, dan observasi anak kelas B di RA Islamiyah Angkatan Lor Tambakromo Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan uji credibility dengan cara triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman. Setelah data terkumpul dan dianalisis, penelitian ini menunjukkan bahwa peranan orang tua dalam memberikan pengasuhan otoritatif terdapat 15 anak, pengasuhan otoriter 2 anak, dan pengasuhan permisif 8 anak. Dari hasil penelitian ditemukan anak dengan pengasuhan otoritatif memiliki sikap empati yang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan empati anak seperti anak mampu bersosialisasi baik dengan teman tanpa membedakan, mau berbagi, menghargai karya teman dan saling memaafkan. Berbeda dengan gaya pengasuhan yang diterapkan orang tua otoriter dimana perkembangan empati anak sangat kurang baik. Lain halnya lagi dengan orang tua permisif yang perkembangan empati anak cukup baik meskipun ada beberapa aspek yang kurang baik. Dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa faktor pendukung dan penghambat pengembangan empati anak berasal dari faktor eksternal yaitu orang tua. Pengasuhan yang diberikan orang tua merupakan faktor utama pengembangan empati pada anak. Diantaranya yaitu orang tua otoritatif dalam pengasuhan, orang tua yang cenderung overprotektif kepada anak, dan orang tua yang memang sibuk dengan pekerjaannya sendiri sehingga kurang adanya perhatian terhadap anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Sikap Empati Anak, Peranan Orang Tua.
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 08 Dec 2021 02:31
Last Modified: 08 Dec 2021 02:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6062

Actions (login required)

View Item View Item