Hubungan Kedisiplinan Menghafal Al-Qur’an dengan Jumlah Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Anwar Jekulo Kudus

Khasanah, Uswatun (2021) Hubungan Kedisiplinan Menghafal Al-Qur’an dengan Jumlah Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Anwar Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (434kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (360kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (457kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (868kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (657kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (551kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (351kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan santri dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Mamba’ul Anwar Jekulo Kudus dan untuk mengetahui hubungan kedisiplinan menghafal Al-Qur’an dengan jumlah hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Mamba’ul Anwar Jekulo Kudus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 72 responden dengan jumlah populasi sebanyak 140 santri. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana (simple random sampling). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, interview (wawancara), dan dokumentasi. Hasil analisis data dapat diketahui, kedisiplinan menghafal Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Anwar sebagian besar menunjukkan tingkat yang sangat baik. Hal tersebut juga sepadan dengan perolehan jumlah hafalan Al-Qur’an santri yang sebagian besar sudah mendapatkan jumlah hafalan yang banyak, bahkan beberapa sudah khatam 30 juz. Bentuk kedisiplinan santri diantaranya yaitu selalu mematuhi peraturan pondok dan selalu mengikuti kegiatan belajar Al-Qur’an yang ada di Pondok Pesantren Mamba’ul Anwar. Hasil uji hipotesis melalui SPSS diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 < dari 0,05, yang artinya Ho ditolak sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan menghafal Al-Qur’an dengan jumlah hafalan Al-Qur’an santri, dengan nilai korelasinya sebesar 0,795, maka mempunyai tingkat hubungan yang kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Menghafal Al-Qur’an, Jumlah Hafalan.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Dec 2021 03:26
Last Modified: 08 Dec 2021 03:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6067

Actions (login required)

View Item View Item