Implementasi Pendidikan Informal Berbasis Akhlak di Asrama Abah Rozaq Ngetuk Ngembal Rejo Kudus Tahun 2020/2021

Hamidah, Nur (2021) Implementasi Pendidikan Informal Berbasis Akhlak di Asrama Abah Rozaq Ngetuk Ngembal Rejo Kudus Tahun 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (361kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (367kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (504kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (478kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (422kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB)

Abstract

Tujuan penelitian dalam pembahasan ini adalah (1) Untuk mengetahui implementasi pendidikan Informal Berbasis Akhlak di Asrama Abah Rozaq Ngetuk Ngembal Rejo Kudus. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pendidikan Informal Berbasis Akhlak di Asrama Abah Rozaq Ngetuk Ngembal Rejo Kudus. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research), menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dengan partisipan meliputi: pengasuh asrama, Ustazah atau istri pengasuh, dan Ustazah Al-Qur’an, santri asrama Abah Rozaq, observasi di Asrama Abah Rozaq Ngetuk Ngembal rejo kudus, dan dokumentaasi. Semua data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu: reduksi data (data reduction) berupa memilih hal pokok yang berkaitan dengan penerapan pendidikan informal berbasis akhlak yaitu interaksi proses pembelajaran antara pengasuh, guru dan santri dalam pendidikan informal berbasis akhlak, serta internalisasi tata tertib dalam kehidupan santri sehari-hari, penyajian data (data display), berupa kegiatan-kegiatan yang ada di asrama, lalu menghasilkan pemahaman santri serta pengapliaksian dalam sehari-hari dibantu adanya tata tertib yang ada di asrama, lalu kesimpulan (verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pendidikan informal berbasis akhlak di Asrama Abah Rozaq Ngetuk Ngembal Rejo Kudus diterapkan melalui kegiatan yang ada di asrama berupa shalat berjam’ah, kajian-kajian Kitab Salaf, mengaji Al-Qur’an, kegiatan istighos|ah, z|iba’iyah, dan pembacaan asmaul husna. Serta adanya kegiatan membentuk akhlak yaitu keteladanan, latihan dan pembiasaan, kedisiplinan, ibrah dan mauid|zoh. Adanya kegiatan tersebut dan salah satunya suri teladan dari Ustaz maupun Ustazah dapat menumbuhkan perubahan pribadi santri seacara perlahan yang di bantu oleh adanya tata tertib yang berlaku. 2) Faktor pendukung pendidikan informal berbasis akhlak yaitu adanya kegiatan positif yang seperti pesantren dan fasilitas yang memadai. Faktor penghambat pendidikan informal berbasis akhlak yaitu sebagian santri bukan alumni pesantren serta kegiatan yang kadangkala bertabrakan dengan jadwal kuliah atau kegiatan lainnya yang ada di sekolah maupun di kampus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan informal, Akhlak, Teladan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Dec 2021 01:47
Last Modified: 10 Dec 2021 01:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6079

Actions (login required)

View Item View Item