Systematic Review Pada Pedagogical Content Knowledge Dalam Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran IPA SMP/MTs

Jannah, Ro’i Khatul (2021) Systematic Review Pada Pedagogical Content Knowledge Dalam Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran IPA SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (322kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (662kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (859kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (266kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)

Abstract

Guru sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan merupakan pihak yang sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar. Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi di abad 21 semakin pesat. Penguasaan dan pengintegrasian pengetahuan teknologi, pedagogik, dan konten perlu dikuasai guru, karena proses pengajaran dan pembelajaran saat ini mencerminkan semakin berkembangnya integrasi antara komputer dan aplikasi teknologi dalam kurikulum.Penelitian ini merupakan penelitian Systematic review jenis meta-synthesis (kualitatif) dengan menggunakan metode PRISMA. Meta-sintesis merupakan teknik dalam merangkum hasil-hasil penelitian untuk mendapatkan teori maupun konsep baru atau tingakt pemahaman yang lebih mendalam dan menyeluruh mengenai perkembangan riset pedagogical content knowledge yang mengintegrasikan teknologi pada pendidik jenjang SMP/MTs yang terdapat laman pengindeks SINTA peringkat 1-6 pada tahun 2016-2020. Subyek penelitian ini literature-literatur ilmiah yang telah terindeks pada laman SINTA peringkat 1-6. Sumber data dalam penelitian ini berupa berbagai literature tentang pembelajaran yang memanfaatkan teknologi pada jenjang SMP/MTs yang terdapat dalam jurnal ilmiah yang terindeks pada laman SINTA peringkat 1-6. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan dokumen pada laman SINTA dengan kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian tentang analisis keterampilan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) guru IPA pada jenjang menengah di Indonesia. Maka dapat disimpulkan bahwa gambaran kemampuan guru IPA dalam mengaplikasikan keterampilan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK)berada pada kriteria baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Technological Pedagogical Content Knowledge , TPCK, Guru SINTA.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Dec 2021 02:05
Last Modified: 10 Dec 2021 02:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6081

Actions (login required)

View Item View Item