Studi Komparasi Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz dan Word Wall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS di SMP NU Al Ma’ruf Kudus, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus

Yaqin, Muhammad Nurul (2021) Studi Komparasi Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz dan Word Wall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS di SMP NU Al Ma’ruf Kudus, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER - KATA PENGANTAR.pdf

Download (645kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (380kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (692kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (464kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (581kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII yang belajar dengan menggunakan media pembelajaran Quizizz dan Word Wall mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP NU Al Ma’ruf Kudus. Penelitian dilaksanakan di SMP NU Al Ma’ruf Kudus pada mata pelajaran IPS dengan materi semester 2. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan Pretest – Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yang berjumlah 63 anak, yang terdiri dari kelas Kontrol dengan 31 anak dan kelas Eksperimen dengan 32 anak. Kelas Kontrol diberi treatment menggunakan media pembelajaran Quizizz, sedangkan kelas Eksperimen diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran Word Wall. Instrument yang digunakan adalah soal tes kemampuan awal (pretest) dan soal tes kemampuan akhir (posttest). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan distribusi student (t-test), dengan terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Quizizz dan media pembelajaran Word Wall. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t –test ( thitung (1.321) <ttabel(1670)) dan nilai rata-rata kelas eksperimen dan nilai rata-rata kelas kontrol (75.97)> nilai rata-rata kelas eksperimen (70.16). Perbandingan ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas kontrol lebih unggul dibandingkan dengan nilai rat-rata kelas eksperimen. Jadi, sesuai dengan hasil uji t tes dan perbandingan rata-rata dapat disimpulkan bahwa perbandingan tersebut menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan, sehingga hasil belajar siswa sama-sama baik antara yang menggunakan media pembelajaran Quizizz dan yang menggunakan media pembelajaran Word Wall

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Mata Pelajaran Lain (IPS, Musik, Sejarah, Geografi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Dec 2021 03:10
Last Modified: 13 Dec 2021 03:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6092

Actions (login required)

View Item View Item