Manajerial Kepala Sekolah Dengan Pendekatan Psikologi Islam Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Mts Islamiyyah Syafi’iyah Gandrirojo Sedan Rembang

Rouf, Abdul (2021) Manajerial Kepala Sekolah Dengan Pendekatan Psikologi Islam Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Mts Islamiyyah Syafi’iyah Gandrirojo Sedan Rembang. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (509kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (466kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (661kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (380kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (554kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (395kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan manajemen kepala madrasah di MTs Islamiyyah Syafi’iyah Gandrirojo Sedan Rembang 2) Untuk mengetahui manajemen kepala madrasah dalam mengelola kinerja guru melalui pendekatan psikologi islam. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat menejemen kepala madrasah dalam pendekatan pesikologi islam dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Islamiyyah Syafi’iyah Gandrirojo Sedan Rembang. Metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah proposisi sampling dengan pendrkatan Kepalan Sekolah dan guru yang ada di MTs Islamiyah Syafi'iyah Gandirojo Sedan Rembang. Teknik pengambilan menggunakan teknik sampling insidental. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Penerapan Manajerial kepala sekolah dengan pendekatan psikologi Islam di Mts Islamiyyah Syafi’iyah Gandrirojo Sedan Rembang sangat penting dalam usaha peningkatan kinerja guru. Karena dengan berbagai kecakapan manajerial yang dimiliki kepala sekolah seperti keterampilan konsep yang matang, keterampilan berkomunikasi yang baik, keterampilan teknik yang baik, serta keterampilan sosial terbukti mampu meningkatkan kinerja guru dengan indicator banyaknya prestasi guru maupun siswa yang telah diraih. 2) Kepala sekolah menekankan pada perubahan perilaku kearah yang dikehendaki yaitu perilaku Islami. Hal-hal yang dilakukan yaitu dengan menerapkan konsep manajemen dengan disisipi nilai-nilai Islami untuk pembentukan karakter guru. 3) Adanya beberapa faktor penghambat seperti terbatasnya media pembelajaran, metode pembelajaran yang digunakan yang masih terbatas, serta kompetensi beberapa guru yang belum optimal dapat tertutup dengan banyaknya faktor pendukung yang dimiliki oleh Mts Islamiyyah Syafi’iyah Gandrirojo Sedan Rembang

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajeral Kepala Sekolah, Psikologi Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Dec 2021 03:20
Last Modified: 13 Dec 2021 03:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6096

Actions (login required)

View Item View Item