PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN PADA MATERI INDAHNYA ASMAUL HUSNA DI RA BAITURRAHMAN MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Nailul Inayah, Siti (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN PADA MATERI INDAHNYA ASMAUL HUSNA DI RA BAITURRAHMAN MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena kurangnya kemampuan ranah afektif siswa pada anak usia dini khususnya terhadap lingkungan sekitar. Tujuan yang terdapat pada penelitian ini diantaranya : (1) Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Lingkungan pada Materi Indahnya Asmaul Husna di RA Baiturrahman Mejobo Kudu Tahun Pelajaran 2015/2016. (2) Faktor Penghambat dan Faktor Pendukung Pembelajaran Berbasis Lingkungan pada Materi Indahnya Asmaul Husna di RA Baiturrahman Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. (3) Kemampuan Ranah Afektif Siswa pada Materi Indahnya Asmaul Husna di RA Baiturrahman Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu kepala RA, guru kelompok B2, guru pendamping B2 dan wali murid B2. Sedangkan sumber data sekunder yaitu buku kepustakaan, dokumentasi, tabel dan diagram. Adapun teknik pengumpulan data diantaranya : observasi, interview, dan dokumentasi. Serta uji keabsahan datanya berupa perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, bahan referensi dan member check. Hasil penelitian (1) Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Lingkungan pada Materi Indahnya Asmaul Husna di RA Baiturrahman yaitu pembelajaran yang menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar pada materi asmaul husna al-khaliq, an-nafi’ dan ar-razaq yaitu survey ke sawah, pabrik tahu, pabrik batu bata, dan pasar agar menjadikan siswa memiliki sikap atau akhlak yang baik terhadap Allah, akhlak terhadap sesama manusia atau lingkungan sosial, dan akhlak terhadap lingkungan alam yaitu peduli dan mencintai lingkungan sekitar, seperti merawat dan menjaga tanaman serta menghargai makanan. (2) Faktor Penghambat dan Faktor Pendukung Pembelajaran Berbasis Lingkungan pada Materi Indahnya Asmaul Husna di RA Baiturrahman. Adapun Faktor pendukungnya yaitu : keprofesionalan guru, faktor siswa berupa antusias dan semangat, sarana lingkungan yang tersedia, lokasinya dekat dengan lingkungan sekolah, dan faktor waktu yaitu di pagi hari dan kerja sama antara sekolah dengan wali murid. Sedangkan, faktor penghambat diantaranya guru dan siswa yang sering berbicara sendiri dan keluyuran. (3) Kemampuan Ranah Afektif Siswa pada Materi Indahnya Asmaul Husna di RA Baiturrahman diantaranya motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan belajar yang sangat tinggi, siswa tampak aktif dalam menyampaikan pendapat baik pertanyaan maupun pernyataan, siswa juga terlihat aktif dan antusias dalam pembelajaran, siswa mulai memiliki sikap untuk menjaga lingkungan sekitar dengan baik seperti membuang sampah pada tempatnya dan menghargai makanannya. Berdasarkan pemaparan diatas dapat memberi gambaran kepada para pembaca terkait pelaksanaan pembelajaran berbasis lingkungan yang peneliti paparkan pada bahasan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Lingkungan; Materi Indahnya Asmaul Husna
Subjects: Agama
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 Feb 2017 02:49
Last Modified: 18 Feb 2017 02:49
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item View Item