Sulam, Luthfiyah (2021) Studi Fenomenologi Program Bimbingan Keagamaan Untuk Meningkatkan Memori Santri Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Hamidiyah Desa Bulumanis Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (549kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (391kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (718kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (705kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (421kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (807kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (297kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (460kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk. Pertama, mengetahui makna program bimbingan keagamaan dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Hamidiyah Desa Bulumanis Kecamatan Margoyoso. Kedua, mengetahui makna metode pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan memori santri dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Hamidiyah. Ketiga, mengetahui pengalaman dan makna dari program bimbingan keagamaan untuk meningkatkan memori santri dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Hamidiyah Desa Bulumanis Kecamatan Margoyoso. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif kategori fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam dari para informan. Pemilihan informan mengunakan teknik purposive sampling dengan informan terdiri dari 9 orang yaitu: santri, Kepala tahfidz, ustadzah dan wali santri. Penelitian ini berfokus pada pengalaman dan makna. Tahap analisis dalam penelitian ini dengan teknik, pertama, tahap awal penelitian mendeskripsikan sepenuhnya fenomena yang dialami subjek penelitian, kedua, tahap horizonalization, ketiga, tahap cluster of meaning, tahap keempat adalah deskripsi esensi, dan tahap terakhir melaporkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Program bimbingan keagamaan untuk meningkatkan memori santri dalam menghafal Al-Qur’an, program tersebut menyenangkan dan implementasi program bimbingan keagamaan;, (2) Metode untuk menghafal Al-Qur’an dilakukan dengan mudah agar memudahkan santri dalam menghafal Al-Qur’an. Metode tersebut dengan mengunakan metode sorogan, muraja’ah dan yanbu’a;, (3) Santri di dalam pelaksanaan menghafal Al-Qur’an memiliki kesadaran pribadi dan kesadaran diri publik untuk terus menghafal Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Keagamaan, Menghafal Al-Qur’an, Memori |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 03:45 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 03:45 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6103 |
Actions (login required)
View Item |