Larasati, Intan (2021) Efektivitas Pembelajaran E-Learning Pada Era New Normal Mata Pelajaran Fiqih Kelas X di MA Mu’allimat NU Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (446kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (301kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (500kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (712kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (409kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (977kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (375kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (449kB) |
Abstract
Pembelajaran e-learning menjadi salah satu cara dalam menyampaikan materi pelajaran di era new normal. Pembelajaran ini juga akan memudahkan peserta didik dalam memperoleh materi. Guru dituntut untuk dapat menguasai media sosial dan kreatif dalam pembelajaran yang efektif. Mengingat hal tersebut maka guru Fiqih di MA Mu’allimat NU Kudus menggunakan berbagai aplikasi seperti Google Classroom, YouTube, WhatsApp, Google Form. Penelitian ini bertujuan 1) Menjelaskan pelaksanaan pembelajaran e-learning mata pelajaran Fiqih kelas X di MA Mu’allimat NU Kudus, 2) Menjelaskan kelebihan dan kekurangan pembelajaran e-learning mata pelajaran Fiqih kelas X di MA Mu’allimat NU Kudus, serta 3) Menjelaskan efektivitas pembelajaran e-learning mata pelajaran fiqih kelas X. Teknik penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan yaitu wawancara dengan guru fiqih kelas X, waka kurikulum, serta 13 peserta didik kelas X, dan orang tua peserta didik, observasi dengan mengamati kegiatan pembelajaran Fiqih, serta dokumentasi terhadap data-data yang terkait. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu 1) Pelaksanaan pembelajaran e-Learning Fiqih melalui aplikasi Google Classroom, YouTube, WhatsApp, Google Form. 2) Kelebihan pembelajaran e-learning fiqih yaitu dapat dilakukan dimanasaja, dapat me-review materi, dapat menanyakan kepada guru langsung mengenai materi yang belum dipahami setiap saat, menghemat waktu dan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Sedangkan kekurangan Pembelajaran E-Learning, yaitu: jaringan internet peserta didik yang tidak stabil, kuota internet yang cukup banyak, kurangnya interaksi antara guru dan peserta didik secara langsung, kurangnya dukungan dari orang tua peserta didik yang bekerja. 3) Efektivitas pembelajaran e-learning di MA Mu’allimat NU Kudus belum maksimal, namun telah dilakukan beberapa upaya dari berbagai pihak agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran E-Learning, New Normal, Fiqih, MA Mu’allimat NU Kudus |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 02:07 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 02:07 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6126 |
Actions (login required)
View Item |