Nurilasani, Leili Syifa (2021) Persepsi Orangtua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi” di RA NU Baitul Mukminin. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (960kB) |
|
Text
02 ASBTRAK.pdf Download (68kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (201kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (88kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (136kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (110kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (191kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (77kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (78kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi dan menganalisis bagaimana persepsi orang tua di RA NU Baitul Mukminin terhadap pembelajaran daring yang berlangsung pada masa pandemi ini. Pembelajaran daring menjadi solusi agar pembelajaran di RA tersebut tetap berlagsung di masa pandemi. Dimana pemerintah menghimbau untuk menerapkan protocol kesehatan, salah satunya adalah sosialdistanching guna menghindari penyebaran virus conona. Tentu saja hal ini sangat menimbulkan berbagai persepsi dari sudut pandang guru/ pendidik, siswa dan orang tua tua/ wali yang menggantikan posisi penamping/pengajar dalam pembelajaran daring itu dan pasti banyak kendala hal baru yang dirasakan Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun Prosedur data yang digunakan yaitu melalui observasi , wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triagulasi data. Proses analisi data yaitu dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Persepsi orang tua terhadap pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan tanpa tatap muka, dengan media elektronik, menggunakan aplikasi tertentu,menyambungkan jaringan internet, bersifat online, pembelajaran dilakukan di rumah, melibatkan orang tua, untuk mengajarkan materi/ menjelaskan kembali kepada anak. 2) faktor yang kendala pembelajaran daring yaitu kurangnya keterampilan orang tua dalam menyampaikan materi, dan over burden orang tua yang menjadikan ketidaksamaan waktu yang tersedia antara anak dan orang tua. 3)Dampak pembelajara daring yang diberlakukan di RA NU Baitul Mukminin meliputi dampak positive dan negative. Adapun dampak positif meliputi munculnya rasa sabar, harus mengikuti perkembangan teknologi, orang tua lebih intens dengan anak. Adapun dampak negative meliputi, kurangnya sosialisai anak dengan lingkungan, anak kurang fokus dalam belajar yang menyebabkan semangat belajar menurun, over burden pada orang tua menjadikan waktu anak belajar tidak maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Orang Tua,Pembelajaran Daring, Over Burden, Masa Pandemic, Raudhatul Athfal (RA) |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 03:05 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 03:05 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6148 |
Actions (login required)
View Item |