IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MODELING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI IBADAH HAJI DI MTS SABILUL HUDA CANGKRING KARANGANYAR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ulirrohmah, Maulida (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MODELING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI IBADAH HAJI DI MTS SABILUL HUDA CANGKRING KARANGANYAR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih materi ibadah haji dengan model pembelajaran modeling dan faktor pendukung dan penghambat serta solusi dari pelaksanaan model pembelajaran modeling. Penelitian ini merupakan studi lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data diperoleh melalui observasi partisipasi pasif (passive participant), wawancara mendalam (in depth interview), dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan keabsahan data dengan model uji kredibilitas meningkatkan ketekunan dalam penelitian, uji transferability, dan triangulasi. Selanjutnya untuk analisis data, yaitu reduksi data, display dan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, Waka Kurikulum, Kepala TU, guru fiqih serta peserta didik kelas VIII MTs Sabilul Huda Cangkring Karanganyar Demak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan psikomotorik siswa dengan menggunakan model pembelajaran modeling pada mata pelajaran fiqih materi ibadah haji baik di dalam kelas maupun diluar kelas, siswa mampu menirukan pemodelan yang diberikan oleh guru fiqih. Dan terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan model pembelajaran modeling untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa diantaranya adalah faktor guru, siswa, sarana prasana dan lain-lain. Serta terdapat solusi dalam faktor peghambat dalam pelaksanaan model pembelajaran modeling untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa. Selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan pembelajaran bagi para pemegang kebijakan maupun para guru mata pelajaran fiqih untuk lebih menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Kata Kunci : Model Pembelajaran Modeling, Kemampuan Psikomotorik, Pembelajaran Fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Feb 2017 03:03
Last Modified: 18 Feb 2017 03:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/617

Actions (login required)

View Item View Item