Zufairiyyah, Arifatul (2021) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Mts Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (190kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (127kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (230kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (444kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (476kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (346kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (120kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
Abstract
Motivasi belajar telah menjadi permasalahan siswa sejak lama. Berbagai layanan bimbingan konseling dilaksanakan diberbagai sekolah baik di tingkat SMP/ MTs maupun SMA/ MA. Salah satu diantaranya adalah penggunaan layanana bimbingan kelompok. penelitian ini untuk menguji efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs di MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati. Motivasi belajar merupakan suatu dorongan, baik dorongan internal maupun eksternal pada siswa yang berhubungan dengan proses belajar, untuk menciptakan perubahana sikap, dengan adanya beberapa unsur yang mendukung. Fenomena di MTs Tarbiyatul Banin menunjukkan bahwa adanya tingkat motivasi belajar yang rendah, hal ini dapat dilihat dari keterlambatan siswa dalam pengumpulan tugas, kesulitan siswa dalam memahami mata pelajaran. Bahan kajian dalam penelitian ini adalah apakah motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui adanya layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving guna meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Tarbiuyatul Banin Pekalongan Winong Pati. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan desain penelitian eksperimen. Dengan jumlah populasi kelas VIII D&F MTs Tarbiyatul Banin yang berjumlah 63 siswa, dengan sampel sebanyak 20 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu 10 untuk kelompok eksperimen serta 10 siswa untuk kelompok kontrol. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan angket motivasi belajar. Validitas instrument dihitung dengan taraf signifikansi 5% (rtabel=0,388). Reliabilitas dihitung menggunakan rumus alpha cronbach menunjukkan hasil 0,774. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa angekt yang digunakan valid dan reliable. Hasil penelitian diperoleh dari hasil Ui-t didapakan hasil thitung sebesar 38,100> ttabel 2,228, berdasarkan hasil dari perhitungan uji-t maka dapat disimpulan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving di kelas VIII MTs Tarbiyatul Banin dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat diterapkan sebagai salah satu alternative untuk meningkatkan konsentrasi siswa dalam belajar serta meningkatkan motivasi belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Problem Solving, Layanan Bimbingan Kelompok |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 Dec 2021 02:35 |
Last Modified: | 21 Dec 2021 02:35 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6193 |
Actions (login required)
View Item |