Metode Pendidikan Islam dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari

Nafisah, Nafisah (2021) Metode Pendidikan Islam dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN AWAL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (505kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (360kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (370kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (871kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (355kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai metode pendidikan islam dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya memilah dan memilih metode yang tepat sebagai keberhasilan tujuan pendidikan, khususnya pendidikan islam. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana metode pendidikan islam dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari?. Penelitian ini melalui metode Library Research (Kajian Pustaka) dengan menggunakan analisis deskriptif. Data yang telah terkumpul kemudian di analisis secara non statistik, dengan data primer sebagai sumber data utama dan data sekunder sebagai sumber data pendukung. Adapun metode analisis datanya menggunakan metode analisis isi dan metode hermeneutik objektif. Yaitu analisis untuk mengungkapkan gagasan pemikiran tokoh yang diteliti serta interpretasi data sebagai pendukung dalam menyampaikan pendapat dan pemikiran tokoh yang diteliti. Dari penelitian ini ditemukan bahwa pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang metode pendidikan islam yang terdapat dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim terdapat beberapa jenis 1) metode hafalan; 2) metode ceramah; 3) metode diskusi; 4) metode tahdzib wa targhib; 5) metode Tanya jawab. Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari mengenai metode pendidikan islam yang harus dipedomani oleh pendidik masih sangat relevan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran pada saat ini, terlebih bagi pendidikan islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode, Pendidikan Islam, Adabul ‘Alim Wal Muta’allim, KH. Hasyim Asy’ari
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Dec 2021 03:07
Last Modified: 21 Dec 2021 03:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6201

Actions (login required)

View Item View Item