Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (studi kasus di SMK PGRI 2 Kaliwungu Kudus

FATIMAH, ILMI SITI (2021) Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (studi kasus di SMK PGRI 2 Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (517kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (411kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (641kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (294kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (468kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (267kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI di SMK PGRI 2 Kaliwungu Kudus. 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajran PAI di SMK PGRI 2 Kaliwungu Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif , data diperoleh dari teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguatkan hasil penelitian peneliti melampirkan hasil dokumentasi, observasi, dan RPP. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah pertama, penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI dilakukan observasi di dua tempat yaitu diluar kelas dan didalam kelas. Didalam kelas penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi, selain itu juga diselingi dengan metode pembiasaan dan keteladanan. Hasil penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran menunjukan bahwa siswa memberikan respon positif atas apa yang disampaikan guru didalam kelas. Sedangkan hasil penanaman nilai-nilai multikultural diluar kelas siswa menunjukan sikap-sikap multikultural yaitu inklusi dan toleransi lewat kegiatan-kegiatan seperti upacara. Kedua , faktor pendukung diantarannya: dari sekolah dan lingkungan yang sangat mendukung. Faktor penghambatanya: sikap guru yang kurang memahami multikultural dan penggunaan metode yang monoton.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Multikultural, Pembelajaran PAI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Dec 2021 02:56
Last Modified: 23 Dec 2021 02:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6220

Actions (login required)

View Item View Item