Sholihah, Syafaatus (2021) Pendekatan Problem Solving Pada Pembelajaran Matematika Kelas V MI Al Hidayah Prawoto Sukolilo Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (592kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (483kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (382kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (707kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (268kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (457kB) |
Abstract
Hasil riset progam matematika dan sains terkait rendahnya kualitas mutu pendidikan indonesia salah satunya dipengaruhi oleh minimnya metode pembelajaran yang diajarkan serta kurangnya siswa dalam mengkonstruksi pemahamanya terutama pada mata pelajaran matematika. Anak sekarang lebih menfokuskan dalam menjawab latihan soal dari pada memahaminya. Lain sisi kurangnya penanaman konsep yang dimiliki sehingga pembelajaran menjadi pasif dan kurang mengena pada siswa sehingga pembelajaran mengacu pada hasil daripada proses berfikir. Oleh karena itu sebagai alternative salah satu solusi yang diberikan dengan menggunakan pendekatan problem solving dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di MI Al Hidayah Prawoto adapun fokus penelitian bagaimana implementasi pendekatan problem solving pada pembelajaran matematika, karakteristik siswa melalui pendekatan problem solving, implikasi hasil belajar melalui pendekatan problem solving. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan problem solving pada pembelajaran matematika, karakteristik siswa melalui pendekatan problem solving, implikasi hasil belajar siswa melalui pendekatan problem solving pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel purposive sampling. Analisis data menggunakan teori Miles and Huberman dengan reduksi data, display data, dan verivikasi. Teknik pemeriksaan keabsaan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian (1) implementasi pendekatan problem solving meliputi;1) memahami masalah; 2) merencanakan penyelesaian; 3) melalui perhitungan; 4) memeriksa kembali proses dan hasil/Strategi; 6) assasment,; (2) karakteristik berpikir siswa pendekatan problem solving diantaranya: 1)Memunculkan berbagai pertanyaan dan masalah ; 2) Mengemukakan gagasan yang bermanfaat dan relevan ; 3) Menampung dan mengevaluasi berbagai informasi yang relevan ; 4) Menyusun kesimpulan dan solusi dengan didukung oleh alasan, bukti yang kuat serta dapat diuji dengan kriteria dan standar relevan ; 5) Terbukanya pikiran dan menerima berbaagai pendapat orang lain sambil menelaah, menilai, dan mencari korelasi antar pendapat (3) Implikasi hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan problem solving kelas V MI Al-Hidayah 02 Prawoto meliputi tiga aspek diantaranya ; 1) aspek kognitif ; 2) aspek afektif ; dan 3) aspek psikomotorik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Problem Solving; Pembelajaran Matematika |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Dec 2021 03:02 |
Last Modified: | 23 Dec 2021 03:02 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6221 |
Actions (login required)
View Item |