Sari, Heni Nila (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (460kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (726kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (454kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (508kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (272kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Mengetahui pelaksanaan penerapan metode pembelajaran problem solving dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MA Nahdlatul Muslimin. 2. Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam penerapan metode pembelajaran problem solving dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MA Nahdlatul Muslimin. 3. Untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan guru dalam mengatasi factor penghambat dalam penerapan metode problem solving dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MA Nahdlatul Muslimin. Penelitian pada skripsi ini menggunakan penelitian lapangan, dan pendekatan kualitatif. Kemudian data primer peneliti didapatkan dari kegiatan wawancara langsung kepada pihak-pihak yang bersangkutan. data sekunder peneliti ini berasal dari observasi dalam kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi (Teknik, sumber, dan waktu). Teknik analisis data display dan drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran problem solving yang diterapkan dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. Yaitu metode Problem Solving dalam meningkatkan pemahaman yang artinya siswa harus berfikir dan aktif dalam belajar saling bertukar fikiran dalam memecahkan sebuah masalah pada atau dapat menemukan sebuah solusi dalam masalah, dan juga siswa harus dituntut mengerti, memahami, menerima, menyerap dan kreatif dalam belajar. Ada juga factor pendukung dan penghambat dalam menerapkan metode pembelajaran tersebut yaitu factor pendukungnya, motivasi dan dukungan dari guru maupun dari orang tua dan lingkungannya untuk factor penghambat itu sendiri yaitu kurang fokusnya siswa, kurangnya motivasi, kurangnya semangat siswa dalam belajar, siswa yang mudah bosan dan kurangnya perhatian dari orang tua menjadi salah satu penyebab siswa malas untuk belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran problem solving, pemahaman siswa, Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Dec 2021 03:31 |
Last Modified: | 23 Dec 2021 03:31 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6223 |
Actions (login required)
View Item |