Analisis Keberhasilan Menghafal Al-Quran pada Santri Kuliah di Pondok Pesantren Tah}fiz} Putri Al-Ghurobaa Tumpang Krasak Jati Kudus Tahun 2020/2021

Izatun, Khoiriska (2021) Analisis Keberhasilan Menghafal Al-Quran pada Santri Kuliah di Pondok Pesantren Tah}fiz} Putri Al-Ghurobaa Tumpang Krasak Jati Kudus Tahun 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Pelaksanaan Menghafal Al-Quran di Pondok Pesantren Tah}fiz} Putri Al-Ghurobaa Kudus, 2) Keberhasilan Menghafal Al-Quran pada Santri Kuliah di Pondok Pesantren Tah}fiz} Putri Al-Ghurobaa Kudus, 3) Faktor—Faktor Pendukung dan Penghambat Keberhasilan Pelaksanaan Menghafal Al-Quran pada Santri Kuliah di Pondok Pesantren Putri Tah}fiz} Quran Al-Ghurobaa Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reseach). Dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mencari bahan-bahan yang mendekati kebenaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi terhadap lokus penelitian di Pondok Pesantren Tah}fiz} Putri Al-Ghurobaa Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Proses pelaksanaan menghafal Al-Quran di Pondok Pesantren Tah}fiz} Putri Al-Ghurobaa Kudus melalui tiga tahapan. Tahapan pertama yaitu persiapan yakni melalui kegiatan pembekalan. Ke dua, ngaos Abah/Neng Ana yang merupakan kegiatan setoran hafalan kepada Guru. Ke tiga, evaluasi melalui semaan atau tes tasmi setiap juz atau disebut ngejuz maupun setiap kelipatan 5/10 juz yang disebut ngglondong. Kegiatan inti dari menghafal adalah setoran hafalan baru dan menjaga hafalan lama. Adapun metode yang digunakan saat membuat hafalan baru, santri Pondok Pesantren Tah}fiz} Putri Al-Ghurobaa menerapkan metode Bin-naz}or, metode Bil-goib, metode takrir, metode wahdah, dan metode talaqqi. Sedangkan untuk menjaga hafalan lama metode yang digunakan adalah metode takrir, metode deresan (murojaah), metode ndandani (tsabit). 2) Keberhasilan Menghafal Al-Quran pada Santri Kuliah di Pondok Pesantren Tah}fiz} Putri Al-Ghurobaa Kudus tahun 2020/2021 dapat dilihat dari hasil ssetoran dan tes tasmi yang berpedoman pada kualitas hafalan yang lancar, fashih dan tartil. Selama kurun waktu 2015-2020 mengalami kenaikan setiap periodenya. Periode satu tahun dengan santri kuliah dua menjadi enam santri kuliah dan periode dua tahun dari 9 menjadi 15 santri kuliah yang mengikuti wisuda hafalan Al-Quran. 3) Faktor—Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Menghafal Al-Quran pada Santri Kuliah di Pondok Pesantren Tah}fiz} Putri Al-Ghurobaa Kudus diantaranya adalah faktor pendorong, baik secara internal meliputi; motivasi dari diri sendiri, motivasi dari orangtua, teman serta pengasuh maupun faktor pendorong secara eksternal mencakup; manajemen waktu yang baik, sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya baik secara internal meliputi; kesulitan menggabungkan setiap ayat Al-Quran yang dihafal, banyak ayat Al-Quran yang serupa, ganggunan psikologis saat akan datang masa menstruasi, munculnya rasa malas, bosan serta kangen keluarga dan faktor penghambat secara eksternal meliputi; kesibukan kampus maupun gangguan gadget dan lawan jenis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keberhasilan, Menghafal Al-Quran, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:11
Last Modified: 27 Dec 2021 02:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6239

Actions (login required)

View Item View Item