Fitriani, Risha (2021) Persepsi Masyarakat Pesisir Mengenai Pentingnya Pendidikan Formal untuk Meningkatkan Status Sosial di Kelurahan Pacar Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
COVER - KATA PENGANTAR.pdf Download (942kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (364kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (570kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (637kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (686kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (443kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (841kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (475kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi serta persepsi masyarakat pesisir di Kelurahan Pacar Rembang mengenai pentingnya pendidikan formal untuk meningkatkan status sosial di masyarakat. Serta untuk mengetahui bagaimana perkembangan pendidikan formal dan keberhasilan dari lembaga pendidikan formal dalam meningkatkan status sosial di masyarakat. Subyek penelitian ini adalah Kepala Kelurahan Pacar, Kepala Sekolah SDN Pacar dan melibatkan warga masyarakat Kelurahan Pacar yang pekerjaannya sebagai nelayan, ibu rumah tangga, guru PNS, mahasiswa, peserta didik kelas 9, pedagang ikan, dan buruh kupas rajungan. Data-data yang dihasilkan yaitu mengenai persepsi masyarakat dan profil Kelurahan. Dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data-data tersebut terkumpul dan di analisis penelitian ini berhasil memperoleh tiga temuan yakni 1). Masyarakat Kelurahan Pacar berpendapat bahwa pendidikan memang menjadi jalan terbaik untuk meningkatkan status sosial di masyarakat, menambahnya perekonomian keluarga, serta juga bisa mendapatkan pekerjaan yang layak. 2). Pendidikan di Kelurahan Pacar sudah mulai ada peningkatan dari tahun 2018 ke tahun 2020 yang sebelumnya masih banyak masyarakat yang putus sekolah untuk ikut terjun berlayar, tetapi dengan perkembangan zaman dan kesadaran dari masyarakat terhadap pendidikan maka sudah mampu ikut bersaing untuk maju, 3). Keberhasilan dari lembaga pendidikan formal di Kelurahan Pacar sudah terlihat jelas banyaknya lulusan-lulusan dari pendidikan formal mulai dari SMA, DI-DIII, bahkan S1-S3.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Status Sosial |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 02:19 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 02:19 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6240 |
Actions (login required)
View Item |