Pemanfaatan Media Pembelajaran Motion Graphic Pada Minat Belajar Siswa Materi Dampak Perubahan Lingkungan Bagi Kehidupan Kelas X Di Ma Abadiyah

Maghfiroh, Mita Aizzatul (2021) Pemanfaatan Media Pembelajaran Motion Graphic Pada Minat Belajar Siswa Materi Dampak Perubahan Lingkungan Bagi Kehidupan Kelas X Di Ma Abadiyah. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (636kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)

Abstract

Selama masa pandemi ini pembelajaran dilaksanakan secara daring. Kebanyakan guru hanya menggunakan video hasil rekaman yang kemudian dikirim ke aplikasi Whatsapp tanpa menggunakan media pembelajaran lain. Representasi informasi pada media yang sering digunakan cenderung kurang menarik dan kurang memotivasi siswa sehingga informasi yang disampaikan melalui media tersebut tidak ditangkap dengan baik oleh siswa. Upaya peningkatan mutu pembelajaran di zaman sekarang ini penyelenggaraannya harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih menunjang proses belajar mengajar. Hal ini menjadi tuntutan pendidik untuk selalu mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan media pembelajaran untuk memudahkan pendidik dalam menyajikan dan menyampaikan pembelajaran serta memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Ditinjau dari cara penelitiannya yaitu peneliti secara sengaja membangkitkan timbulnya sesuatu kejadian atau keadaan, kemudian diteliti bagaimana akibatnya, maka penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, hal ini dikarenakan semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan melakukan penyebaran angket pada peserta didik kelas X MIA 1 dan X MIA 2. Sampel penelitian sebanyak 66 peserta didik. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa (1) Minat belajar siswa sebelum perlakuan media motion graphic pada kurang dan sangat kurang, frekuensi siswa yang memiliki minat belajar kategori sedang dengan presentase 18%, kategori tinggi dengan presentase 70%. Sedangkan pada kelas eksperimen tidak ada yang memiliki kategori minat belajar kurang dan sangat kurang, frekuensi siswa yang memiliki minat belajar sedang dengan presentase 6%, kategori tinggi dengan presentase 94%, dan tidak ada yang memiliki kategori minat belajar sangat tinggi. (2) Berdasarkan data hasil perolehan angket respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media motion graphic diketahui bahwa dari 33 siswa kelas eksperimen, siswa yang memiliki respon sangat baik memiliki persentase 64%, siswa yang memiliki kategori baik dengan persentase 30% dan yang memiliki respon tidak baik dengan persentase 6%. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini sesuai dengan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent t-test, yang memiliki nilai thitung sebesar -2,363 sedangkan nilai ttabel sebesar -1,997. Dengan demikian terlihat bahwa -thitung < -ttabel atau nilai thitung = -2,363 terletak di luar range -1,997 sampai +1,997. Dengan demikian maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan antara rata-rata minat belajar kelas kontrol dan eksperimen, dan nilai signifikansi sebesar 0,021

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Motion Graphic, Minat Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Dec 2021 08:19
Last Modified: 29 Dec 2021 08:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6272

Actions (login required)

View Item View Item