Model Kepemimpinan Kolektif Kiai Dalam Pelaksanaan Kurikulum Takhassus Di Pondok Pesantren Darul Falah Jekulo Kudus

MUBAROK, ZAKI (2021) Model Kepemimpinan Kolektif Kiai Dalam Pelaksanaan Kurikulum Takhassus Di Pondok Pesantren Darul Falah Jekulo Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (543kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (760kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (341kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (366kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)

Abstract

Pondok pesantren mengalami pergeseran model kepemimpinan tunggal menjadi kepemimpinan kolektif. Model kepemimpinan kolektif di pondok pesantren menjadikan peran pemangku pondok pesantren menjadi ringan. Apalagi model kepemimpinan kolektif dapat menjamin berjalannya kurikulum pondok pesantren semakin optimal dari masa ke masa. Kurikulum Takhassus di Pondok Pesantren Darul Falah merupakan kurikulum pokok yang mutadayyin (ahli agama). Kurikulum ini mengandung rangkaian program yang mengarahkan kegiatan belajar mengajar tersusun sistematis, berarah tujuan dan menggambarkan cita-cita ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pelaksanaan kurikulum Takhasssus di Pondok Pesantren Darul Falah Jekulo Kudus, 2) Langkah-langkah model kepemimpinan kolektif kiai dalam pelaksanaan kurikulum Takhassus, 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat model kepemimpinan kolektif dalam pelaksanaan kurikulum Takhassus di Pondok Pesantren Darul Falah Jekulo Kudus. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumen. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi data. Simpulan dalam penelitian ini adalah. pertama, dalam mengembangkan kurikulum Takhassus peran kepemimpinan kolektif melakukan: perencanaan, pembentukan struktur organisasi, memberikan bimbingan dan melakukan pengawasan. Ini sesuai dengan teori fungsi manajemen. Kedua, secara fungsinya, kepemimpinan kolektif kiai di Pondok Pesantren Darul Falah sesuai dengan teori karakteristik personality pemimpin di lembaga Islam, dimana pencapaian di dalam teori tersebut memuat instruktif, partisipatif, delegatif, dan pengendalian. Faktor pendukung yaitu terdapat banyak ide dan gagasan sehingga keputusan dilakukan secara kolektif melalui musyawarah. Faktor penghambat yaitu semakin banyaknya pemikiran dapat mempengaruhi efisiensi waktu anggota dalam mengambil keputusan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model kepemimpinan kolektif, kurikulum takhassus, Pesantren
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:18
Last Modified: 30 Dec 2021 02:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6284

Actions (login required)

View Item View Item