Khoirunnisa, Hilma (2021) Fa'aliyah istikhdami thoriqoh al kitabah ta'auwniyah (Collaborative writing) litarqiyah maharah al kitabah fii ta'lim lughoh al 'arabiyah laday thullab fashl al hadiya asyara bi al madrasah raudhlatus sibyan peganjaran bae kudus Al amm addirasiy 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (359kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (350kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (544kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (777kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (617kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (287kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (397kB) |
Abstract
Bahasa Arab dalam bidang pendidikan harus bertujuan mengajarkan dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menggunakan bahasa secara efektif. Bahasa Arab memuat empat keterampilan dasar yaitu keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keterampilan menulis berada pada posisi yang sangat penting sebagai dasar komunikasi, sehingga pendidik memerlukan metode khusus dalam mengajarkan kamampuan secara efektif. Maka peneliti menerapkan metode Collaborate Writing untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus Tahun Ajaran 2020/2021. Kemudian bertujuan untuk mengetahui proses implementasi Metode Collaborate Writing untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus Tahun Ajaran 2020/2021. Kemudian juga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evektivitas keterampilan Maharah kitabah sebelum dan sesudah Menggunakan Metode Collaborative writing dalam pembelajaran bahasa Arab di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus Tahun Ajaran 2020/2021 Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dikarenakan data penelitian berupa angka-angka dan analisisnya menggunakan statistik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalu metode observasi, dokumetasi, dan Tes. Sedangkan analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji T.test. Hasil penelitian menunjukan terdapat banyak peningkatan Maharah kitabah antara kelas eksperimen yang menggunakan metode Collaborative writing dengan kelas control. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan dari pretest ke postest. Dari data tes dapat diketahui peningkatan rata-rata pada kelas eksperimen (XI IPA) dengan kelas control ( XI IPS). Pada kelas eksperimen yang menggunakan Metode Collaborative writing diperoleh nilai rata-rata pada pretest yaitu 54,65 dan nilai rata-rata postest sebesar 79,96. Dan diperoleh thitung 13,328 dan ttabel 2,060. Karena thitung > ttabel , maka hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah hipotesis kerja (Ha) yaitu Metode Collaborative writing efektif untuk meningkatkan maharah kitabah dalam pembelajaran bahasa arab di kelas XI MA NU Raudlatus Shibyan Kudus
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evektivitas, Metode collaborate, writing, dan kemampuan menulis |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa Indonesia > Sistem Tulisan, Penulisan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 03:24 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 03:24 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6303 |
Actions (login required)
View Item |